KETIMPANGAN GENDER SEBAGAI DAMPAK DARI MEKANISASI PERTANIAN (DESA TUNGKULREJO, KECAMATAN PADAS, KABUPATEN NGAWI)

Linda Binti Nurikrom, NIM: 18107020005 (2022) KETIMPANGAN GENDER SEBAGAI DAMPAK DARI MEKANISASI PERTANIAN (DESA TUNGKULREJO, KECAMATAN PADAS, KABUPATEN NGAWI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KETIMPANGAN GENDER SEBAGAI DAMPAK DARI MEKANISASI PERTANIAN (DESA TUNGKULREJO, KECAMATAN PADAS, KABUPATEN NGAWI))
18107020005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KETIMPANGAN GENDER SEBAGAI DAMPAK DARI MEKANISASI PERTANIAN (DESA TUNGKULREJO, KECAMATAN PADAS, KABUPATEN NGAWI))
18107020005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi pertanian kini berkembang semakin pesat dan mulai masuk ke wilayah-wilayah pedesaan termasuk Desa Tungkulrejo. Akan tetapi hal tersebut menimbulkan adanya ketimpangan gender dikarenakan teknologi pertanian cenderung tidak dapat dioperasikan oleh buruh tani perempuan. Maka dari itu dengan adanya teknologi tersebut dapat berpengaruh terhadap peran buruh tani perempuan dalam sektor pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan teknologi pertanian di Desa Tungkulrejo. Mengetahui dampak dari teknologi pertanian terhadap peran buruh tani perempuan. Kemudian untuk mengetahui cara buruh tani perempuan tetap bisa memperoleh penghasilan di tengah perkembangan teknologi pertanian tersebut. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori feminisme kritis. Jenis penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya perkembangan teknologi pertanian di Desa Tungkulrejo dapat mempermudah pekerjaan petani serta dapat mengembangkan potensi pertanian desa tersebut. Akan tetapi secara tidak langsung penggunaan teknologi pertanian berdampak pada hilangnya alat-alat tradisional yang dulu selalu digunakan. Selain itu masuknya teknologi pertanian juga berdampak terhadap peran buruh tani perempuan, yaitu semakin berkurangnya peluang kerja mereka dikarenakan tahapan-tahapan dalam pertanian yang dulunya dikerjakan oleh buruh tani perempuan kini mulai dikerjakan menggunakan teknologi pertanian yang dioperatori oleh pekerja laki-laki misalnya seperti traktor, dosan, combine, dan seleb. Dengan semakin menyempitnya lapangan pekerjaan buruh tani perempuan akan mencari pekerjaan bertani di daerah lain dan juga bekerja sebagai penganyam tas jika mereka memiliki keterampilan selain bertani. Hal tersebut dilakukan agar mereka tetap bisa membantu perekonomian keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ahmad Norma Permata, S.Ag., M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: modernisasi pertanian; teknologi pertanian; buruh tani perempuan;
Subjects: Gender
Sosial, Perubahan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Oct 2022 09:13
Last Modified: 19 Oct 2022 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54321

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum