HUBUNGAN MOTIV ASI BERAGAMA DENGAN INTENSITAS MENGIKUTI PENGAJIAN MASYARAKAT DUSUN TURGO, PURWOBINANGUN, PAKEM, SLEMAN, YOGYAKARTA

Elvensi Syafrowiah, NIM. '02220980 (2006) HUBUNGAN MOTIV ASI BERAGAMA DENGAN INTENSITAS MENGIKUTI PENGAJIAN MASYARAKAT DUSUN TURGO, PURWOBINANGUN, PAKEM, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN MOTIV ASI BERAGAMA DENGAN INTENSITAS MENGIKUTI PENGAJIAN MASYARAKAT DUSUN TURGO, PURWOBINANGUN, PAKEM, SLEMAN, YOGYAKARTA)
99122325_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN MOTIV ASI BERAGAMA DENGAN INTENSITAS MENGIKUTI PENGAJIAN MASYARAKAT DUSUN TURGO, PURWOBINANGUN, PAKEM, SLEMAN, YOGYAKARTA)
99122325_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tingkat motivasi beragama masyarakat dusun Turgo cukup baik. Artinya responden yaitu jama'ah pengajian masyarakat dusun Turgo memiliki motivasi beragama cukup baik yang terdapat dalam dimensi konflik, dimensi kebutuhan dan dimensi keinginan. Sesuai dengan apa yang kemukakan oleh Hafi Anshari bahwa kondisi-kondisi yang mempengaruhi keimanan merupakan kekuatan yang sangat penting bagi seseorang untuk melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan dalam hal ini pengajian. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keimanan tersebut diantaranya adalah; Kesadaran manusia dalam ke Maha Esaan Allah, di atas segalanya dan kesadaran terhadap kelemahan dirinya sendiri; Pengalaman-pengalaman keagamaan yang menambah kuatnya iman dan semangat pengabdian kepada Allah SWT; Berbagai macam hikmah yang diperoleh dalam melakukan amal ibadah sebagai rahmat dan nikmat Allah; Pengertian seseorang terhadap ajaran agama secara proporsional; dan yang terpenting adalah karena faktor Sosio Cultural atau situasi lingkungan (tatanan masyarakat, adat istiadat, pola hidup, norma yang dianut, baik yang ada dalam rumah tangga maupun dalam masyarakat), i samping juga keperkasaan alam semesta yang penuh dengan tanda tanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Slamct, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Intensitas Mengikuti Pengajian Masyarakat Dusun Turgo, Purwobinagun, Pakem, Sleman, Yogyakarta
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Oct 2022 14:46
Last Modified: 19 Oct 2022 14:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54327

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum