PEMAKNAAN GAYA BAHASA AMSAL DALAM AL-QUR’AN PERSPEKTIF IBNU QAYYIM AL-JAUZIYYAH (STUDI KITAB AL-AMSAL FI AL-QUR'AN AL-KARIM)

M. Safii Silalahi, NIM.: 15530067 (2022) PEMAKNAAN GAYA BAHASA AMSAL DALAM AL-QUR’AN PERSPEKTIF IBNU QAYYIM AL-JAUZIYYAH (STUDI KITAB AL-AMSAL FI AL-QUR'AN AL-KARIM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMAKNAAN GAYA BAHASA AMṠÂL DALAM AL-QUR’AN PERSPEKTIF IBNU QAYYIM AL-JAUZIYYAH (STUDI KITAB AL-AMṠÂL FI AL-QUR‟AN AL-KARIM))
15530067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMAKNAAN GAYA BAHASA AMṠÂL DALAM AL-QUR’AN PERSPEKTIF IBNU QAYYIM AL-JAUZIYYAH (STUDI KITAB AL-AMṠÂL FI AL-QUR‟AN AL-KARIM))
15530067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Amṡâl (perumpamaan) merupakan salah satu metode Al-Qur‟an dalam menyampaikan pesan-pesan Al-Qur‟an dan salah satu kemukjizatan Al-Qur‟an yang mengandung banyak faidah bagi umat manusia sebagai targhib, tarhib, tahzir, mau‟izhah dan i‟tibâr. Namun kenyataannya, tidak semua orang mengetahuinya apa itu amṡâl, urgensinya dan bagaimana metodologinya. Al-Qur‟an banyak menggunakan perumpamaan dalam memudahkan pengertian suatu masalah. Menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, kata matsal di dalam al-Qur‟an dengan makna perumpamaan dan penyerupaan terdapat sebanyak lebih dari empat puluh kali diantaranya dengan penggambaran dengan unsur-unsur yang jelas dari sebuah perumpamaan dan sebagian lagi ayat-ayat yang mengisyaratkan bahwa Allah membuat perumpamaan tanpa memasukkan perumpamaan itu sendiri di dalamnya. Penelitian ini ditempuh dengan menggunakan metode tafsir tematik. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif-analitik. Dengan metode dan pendekatan tersebut, penelitian ini difokuskan mengkaji amṡâl dalam kitab al-amṡâl fi al-Qur‟an al-karim, sehingga didapatkan kesimpulan mengenai penafsiran Ibnu Qayyim terhadap ayat-ayat amṡâl tersebut. Adapun judul penelitian ini yaitu Pemaknaan Gaya Bahasa Amṡâl Perspektif Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah. Ibnu Qayyim al-Jauziyyah juga mengatakan bahwa di dalam al-Qur‟an terdapat istilah amṡâl atau perumpamaan, sedangkan perumpamaan-perumpamaan tersebut tidak semua orang memahaminya kecuali orang-orang alim, di dalamnya terkandung persamaan sesuatu dengan sesuatu yang lain yang serupa hukumnya, membawa yang masuk akal lebih dekat ke yang nyata, sehingga apa yang disampaikan mengena dan mudah diterima oleh siapa saja. contoh hikmah bagi sesuatu yang jauh dari pendengaran dan penglihatan, agar diri pribadi mendapatkan petunjuk secara jelas, seperti melihat dalam cermin. Perumpamaan bersifat tetap, yaitu mendatangkan sesuatu yang telah terjadi, kemudian hal itu diucapkan dengan perkataan yang indah, padat, dan deskriptif, pada setiap situasi yang mempunyai kemiripan dengan keadaan ketika perumpamaan itu diucapkan. Perumpamaan bukanlah hakikat. Ungkapan-ungkapan Al-Qur‟an tentang surga hanyalah sebatas gambaran untuk mendekatkan pemahaman dan gambaran tentang surga.Melalui data tersebut, maka akan ditemukan Signifikansi kajian ini untuk mengetahui dan memperjelas kedudukan dan urgensi metode amṡâl dalam kitab al-amṡâl fi al-Qur‟an al-karim, dan semoga nantinya dapat dipetik hikmah yang tersirat atas perumpamaan yang ada di dalam al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Fitriana Firdausi, S.Th.I. M.Hum
Uncontrolled Keywords: Amsal, Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, Kitab Al-Amsal Fi Al-Qur‟an al-Karim
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Oct 2022 14:49
Last Modified: 19 Oct 2022 14:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54337

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum