PERAN YAYASAN MAKAM TERHADAP PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT (STUDI KASUS PERAN YAYASAN TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR DUSUN MAKAM DESA TALANGO)

Iqbal Nurul Mashun, NIM.: 15540038 (2022) PERAN YAYASAN MAKAM TERHADAP PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT (STUDI KASUS PERAN YAYASAN TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR DUSUN MAKAM DESA TALANGO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN YAYASAN MAKAM TERHADAP PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT (STUDI KASUS PERAN YAYASAN TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR DUSUN MAKAM DESA TALANGO))
15540038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN YAYASAN MAKAM TERHADAP PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT (STUDI KASUS PERAN YAYASAN TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR DUSUN MAKAM DESA TALANGO))
15540038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Banyaknya masyarakat asli Madura yang memilih untuk merantau ke luar pulau Madura, menjadi fenomena dan budaya yang sudah lama terjadi pada masyarakat Madura. Tingginya pilihan mereka untuk merantau disebabkan oleh minimnya peluang kerja dan sulitnya lahan produktif sebagai alasannya. Di tengah budaya yang demikian, terdapat wilayah yang dapat memaksimalkan potensi lingkungannya dalam menciptakan lapangan pekerjaan, sehinga warga sekitarnya memilih untuk tetap tinggal dan memanfaatkannya. Potensi yang dikembangkan adalah adanya makam sakral Sayyid Yusuf yang terletak di Desa Talango, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep. Adanya makam yang dianggap sakral inilah kemudian dikembangkan dan dipromosikan oleh Yayasan Sayyid Yusuf kepada masyarakat luas sebagai salah satu destinasi wisata religi. Pengunjung yang datang ke makam Sayyid Yusuf tidak hanya masyarakat lokal Madura saja, akan tetapi banyak juga yang datang dari luar Madura secara umum untuk berziarah ke Makam Sayyid Yusuf. Dalam penelitian ini hendak menggambarkan dan menjelaskan tentang peranan Yayasan Sayyid yusuf dalam meningkatkan dan mensejahterakan ekonomi masyarakat yang ada di sekitar lingkungan makam. Dalam Penelitian ini, digunakan teori pemberdayaan masyarakat yang dicetuskan Mardikanto dalam melihat peran dan dampak Yayasan Sayyid Yusuf terhadap masyarakat sekitar. Dalam teori pemberdayaan masyarakat dijelaskan tentang tahapan dan alur dalam menciptakan perubahan melalui tiga tingkatan, yakni makro, mezzo, dan mikro. Motode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan observasi partisipan melalui wawancara kepada perangkat yayasan sebagai pengelola dan warga sekitar Dusun Makam sebagai warga yang terkena dampak baiknya.. Hasil dari penelitin ini ditemukan bahwa peran yayasan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar Dusun Makan terbagi menjadi tiga poin yakni, sosial-ekonomi, sosial-budaya, dan sosial keagamaan. pertama, sosial-ekonomi meliputi banyaknya masyarakat sekitar yang dapat memanfaatkan adanya makan berprofesi sebagai pedagang, ojek becak, dan tranportasi laut berupa kapal untuk mengangkut peziarah yang hendak berkunjung ke makam. kedua, sosial-budaya yakni dapat meminimalisir budaya merantau pada masyarakat sekitar. Ketiga, sosial-Keagamaan berupa menghidupkan kembali pengajian-pengajian umum, acara solawatan, dan ngaji bareng yang sempat hilang dikarnakan banyaknya masyarakat memilih untuk merantau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Masroer, S.Ag.M.SI.
Uncontrolled Keywords: Peran Yayasan, Kesakralan Makam, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat.
Subjects: Ekonomi Masyarakat
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Oct 2022 15:29
Last Modified: 19 Oct 2022 15:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54343

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum