PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM EKONOMI KELUARGA DI DESA GAMPLONG II KEC.MOYUDAN KAB.SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Vira Nur Aini, NIM.: 18107020022 (2022) PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM EKONOMI KELUARGA DI DESA GAMPLONG II KEC.MOYUDAN KAB.SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM EKONOMI KELUARGA DI DESA GAMPLONG II KEC.MOYUDAN KAB.SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
18107020022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM EKONOMI KELUARGA DI DESA GAMPLONG II KEC.MOYUDAN KAB.SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
18107020022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah peran perempuan saat ini tidaklah hanya pada sektor domestik saja melainkan bergeser ke ranah luar rumah, dalam arti perempuan ikut terjun dalam dunia kerja. Perempuan desa Gamplong II yang bekerja telah memberikan sumbangan terhadap keluarganya, perempuan yang bekerja juga mampu membantu suami dalam memenuhi kebutuhan dalam keluarganya seperti kebutuhan pokok, kebutuhan kesehatan, kebutuhan pendidikan, dsb. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi perempuan yang sudah menjadi ibu rumahtangga di Desa Gamplong II, Sumberrahayu, Moyudan, Sleman, Diy dalam menjalankan pekerjaan pada sektor domestik dan publik untuk mempertahankan perekonomian rumahtangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan data secara deskriptif yakni gambaran tentang partisipasi perempuan yang bekerja untuk memberikan kontribusi dalam meningkatkan ekonomi keluarga. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan informan dan juga dengan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori struktural fungsional dari talcot parsons yang menyatakan bahwa satu bagian fungsional terhadap yang lain. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) pendapatan keluarga, pendapatan yang tidak menentu dari seorang suami membuat perempuan menjadi tenaga kerja dalam ekonomi rumahtangga. (2)partisipasi perempuan, perempuan berpartisipasi dalam memenuhi kebutuhan ekonomi di keluarganya dengan memberikan kontribusi dalam menambah pendapatan keluarga yaitu dengan cara bekerja sebagai buruh pabrik, penjahit, pedagang, buruh tenun, dsb (3) bahwa tujuan perempuan bekerja adalah untuk memperoleh upah yang digunakan untuk menambah pendapatan keluarga agar meringankan beban suami (4) peran istri yang bekerja di sektor publik dalam keluarga tidaklah berubah, karena para istri bisa tetap bekerja dan juga masih menjalankan fungsi peran sebagai ibu rumahtangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muryanti, S.sos., M.A.
Uncontrolled Keywords: perempuan bekerja; partisipasi perempuan; ekonomi keluarga
Subjects: Gender
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Oct 2022 14:53
Last Modified: 19 Oct 2022 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54349

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum