PERILAKU PROSOSIAL PADA REMAJA DITINJAU DARI POLA ASUH DEMOKRATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL DI YOGYAKARTA

Riska Haliza, NIM.: 171707010032 (2022) PERILAKU PROSOSIAL PADA REMAJA DITINJAU DARI POLA ASUH DEMOKRATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERILAKU PROSOSIAL PADA REMAJA DITINJAU DARI POLA ASUH DEMOKRATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL DI YOGYAKARTA)
17107010032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERILAKU PROSOSIAL PADA REMAJA DITINJAU DARI POLA ASUH DEMOKRATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL DI YOGYAKARTA)
17107010032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis dan kecerdasan emosional dengan perilaku prososial pada remaja di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan metode pengumpulan data berupa angket/kuesioner. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala psikologis yang berbentuk skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja 14-20 tahun di Yogyakarta dengan jumlah sampel 210 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik accidental sampling. Hipotesis dalam penelitian ini adalah penelitian adanya hubungan positif antara pola asuh demokratis dan kecerdasan emosional dengan perilaku prososial pada remaja di Yogyakarta. Semakin tinggi pola asuh demokratis dan kecerdasan emosional maka semakin tinggi perilaku prososial pada remaja di Yogyakarta. Hasil penelitian ini yang pertama, adanya hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis dan perilaku prososial yang ditunjukkan dengan nilai koreasi parsial sebesar 0.000 (p<0.05). Kedua, ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan perilaku prososial. Yang ditunjukkan dengan nilai korelasi parsial (p) sebesar 0.020 (p<0.05). Ketiga, uji regresi berganda menghasilkan nilai F sebesar 220.430 dengan nilai p (signifikansi) sebesar 0.000 (p<0.05). Ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pola asuh demokratis dan kecerdasan emosional dengan perilaku prososial pada remaja di Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr.R. Rachmy Diana, S. Psi., M.A., Psi
Uncontrolled Keywords: pola asuh; psikologi anak; prosocial behavior; democratic parenting; emotional intelligence
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi Remaja
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Oct 2022 09:23
Last Modified: 21 Oct 2022 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54377

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum