KEPUASAN PERNIKAHAN PADA SUAMI YANG MEMILIKI ISTRI BEKERJA DITINJAU DARI HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN RELIGIUSITAS DI D.I YOGYAKARTA

Dicki Akbar Nugroho, NIM.: 17107010066 (2022) KEPUASAN PERNIKAHAN PADA SUAMI YANG MEMILIKI ISTRI BEKERJA DITINJAU DARI HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN RELIGIUSITAS DI D.I YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEPUASAN PERNIKAHAN PADA SUAMI YANG MEMILIKI ISTRI BEKERJA DITINJAU DARI HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN RELIGIUSITAS DI D.I YOGYAKARTA)
17107010066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KEPUASAN PERNIKAHAN PADA SUAMI YANG MEMILIKI ISTRI BEKERJA DITINJAU DARI HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN RELIGIUSITAS DI D.I YOGYAKARTA)
17107010066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam rumah tangga, seseorang pastinya menginginkan kepuasan dalam pernikahan. Akan tetapi dalam perjalanannya banyak pernikahan yang menemukan rintangan dan halangan, salah satunya adalah karena keputusan istri untuk bekerja. Keputusan istri bekerja dapat menyebabkan konflik, karena suami tidak puas terumata pada faktor keintiman karena terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kepuasan pernikahan pada suami yang memiliki istri bekerja ditinjau dari hubungan antara komunikasi interpersonal dan religiusitas. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan skala komunikasi interpersonal, religiusitas, dan kepuasaan pernikahan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 115 suami yang memiliki istri bekerja di D.I Yogakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis regresi berganda dan teknik untuk analisis menggunakan pearson product moment. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji analisis regresi berganda pada hipotesis mayor dalam penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal dan religiusitas dengan kepuasaan pernikahan dengan nilai signifikan 0.000 atau p < 0.05. Hasil analisis untuk menguji hipotesis minor menggunakan uji korelasi pearson product moment, menunjukan adanya hubungan positif antara komunikasi interpersonal dengan kepuasan pernikahan pada suami, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.739 dan p sebesar 0.000 atau p < 0.05, dan terdapat hubungan positif antara religiusitas dengan kepuasan pernikahan pada suami dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.625 dan p sebesar 0.000 atau p < 0.05. Kontribusi komunikasi interpersonal dan religiusitas terhadap kepuasaan pernikahan pada suami yang memiliki istri bekerja sebesar 58.7%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Rita Setyani Hadi Sukirno, S.Psi., M.Psi.
Uncontrolled Keywords: konflik keluarga; istri bekerja; komunikasi interpersonal; pernikahan; suami
Subjects: Psikologi
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Wanita Dalam Keluarga
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Oct 2022 09:28
Last Modified: 21 Oct 2022 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54378

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum