HUBUNGAN ANTARA HARAPAN (AL-RAJA’) DENGAN GRIT PADA MAHASISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Ahmad Nur Fuadi, NIM.: 17107010079 (2022) HUBUNGAN ANTARA HARAPAN (AL-RAJA’) DENGAN GRIT PADA MAHASISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA HARAPAN (AL-RAJA’) DENGAN GRIT PADA MAHASISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
17107010079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA HARAPAN (AL-RAJA’) DENGAN GRIT PADA MAHASISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
17107010079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa penghafal Al-Qur’an setiap harinya dituntut untuk disiplin menyelesaikan target setoran hafalan ditambah harus menyelesaikan tugas kuliah. Grit sendiri merupakan salah satu trait yang penting bagi individu, tidak terkecuali mahasiswa penghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harapan dengan grit pada mahasiswa penghafal Al Qur’an. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Subjek yang diteliti berjumlah 89 (N=89) dengan kriterian subjek yaitu, mahasiswa aktif S1 UIN Sunan Kalijaga, berusia 18-25 tahun dan mempunyai hafalan minimal 3 Juz.. Alat ukur yang digunakan adalah skala harapan dan skala grit. Data pada penelitian ini dianilisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan F (1;87) = 84,0 (p<0,001) yang artinya hipotesis diterima atau dengan kata lain tterdapat hubungan positif antara harapan dengan grit pada mahasiswa penghafal Al-Qur’an di UIN Sunan Kalijaga. Selain itu diketahui juga nilai R square= 0,49 yang artinya harapan berpengaruh terhadap grit sebesar 49%, sedangkan 51% sisanya disumbangkan oleh variable-variabel lain. Harapan dapat digunakan sebagai predictor grit mahasiswa penghafal Al Qur’an dengan rumus prediksi Y = 20,05 + 0,58 X. Sehingga implikasi hasil tersebut dapat diperkirakan apabila konstanta harapan naik 1 maka dapat memprediksi kenaikan grit sebesar 0,58.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Denisa Apriliawati, S.Psi., M. Res.
Uncontrolled Keywords: ketekunan usaha; grit; hope; hafiz students
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Oct 2022 11:18
Last Modified: 21 Oct 2022 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54387

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum