PENGARUH H2O2 PADA ANALISIS TIMBAL DALAM KOSMETIKA KRIM PEMUTIH WAJAH DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM (SSA)

Rati Ningsih, NIM.: 16630010 (2022) PENGARUH H2O2 PADA ANALISIS TIMBAL DALAM KOSMETIKA KRIM PEMUTIH WAJAH DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM (SSA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH H2O2 PADA ANALISIS TIMBAL DALAM KOSMETIKA KRIM PEMUTIH WAJAH DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM (SSA))
16630010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH H2O2 PADA ANALISIS TIMBAL DALAM KOSMETIKA KRIM PEMUTIH WAJAH DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM (SSA))
16630010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Analisis timbal pada kosmetika krim pemutih wajah telah dilakukan dengan Metode Spektrofotometri Serapan Atom (SSA). Tujuan penelitian ini adalah Mengkaji pengaruh penambahan H2O2 dalam preparasi sampel logam berat timbal pada proses destruksi basah terhadap analisis logam berat timbal dalam kosmetik krim pemutih wajah menggunakan Spektrofotometer Serapan Atom (SSA), mengkaji batas deteksi dan batas kuantitasi dalam analisis logam timbal, dan mengetahui kadar logam berat timbal dalam kosmetik krim pemutih wajah. Analisis logam berat timbal dilakukan dengan menggunakan cara destruksi basah dan diuji menggunakan instrument Spektrofotometer Serapan Atom (SSA). Sebanyak 4 sampel (2 sampel krim siang dan 2 sampel krim malam) diuji untuk mengetahui adanya logam berat timbal dalam kosmetika krim pemutih wajah dengan hasil tidak terdeteksi adanya logam berat timbal dalam sampel. Pengaruh penambahan H2O2 dalam preparasi sampel logam berat timbal menunjukan tidak adanya pengaruh jumlah variasi H2O2 terhadap absorbansi yang terbaca pada instrumen Spektrofotometer Serapan Atom (SSA) dengan signifikansi/Probabilitas sebesar 0,631 yaitu lebih besar dari 0,05. Jumlah nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel maka tidak ada pengaruh jumlah variasi H2O2 terhadap absorbansi yang terbaca pada instrumen. Batas deteksi dan batas kuantitasi yang didapatkan dalam analisis logam timbal dalam sampel yaitu 0,447 ppm dan 1,491 ppm. Hasil ini menandakan batas deteksi (LOD) atau jumlah terkecil analit dalam sampel yang dapat dideteksi yang masih memberikan respon yang signifikan dibandingkan blanko adalah 0,447 ppm. Batas kuantitasi (LOQ) atau kuantitas terkecil analit dalam sampel yang masih dapat memenuhi kriteria cermat dan seksama adalah sebesar 1,491 ppm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Imelda Fajriati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Krim Pemutih Wajah, Logam Berat Timbal, Destruksi, H2O2, dan Spektrofotometer Serapan Atom (SSA)
Subjects: Kimia > Kimia Analitis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 21 Oct 2022 14:15
Last Modified: 21 Oct 2022 14:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54398

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum