STUDI ETNOBOTANI TUMBUHAN BERKHASIAT OBAT DI SEKITAR CAGAR ALAM BANTARBOLANG, KABUPATEN PEMALANG, JAWA TENGAH

Sasmitha Ramadhatie Yusuf, NIM.: 16640073 (2022) STUDI ETNOBOTANI TUMBUHAN BERKHASIAT OBAT DI SEKITAR CAGAR ALAM BANTARBOLANG, KABUPATEN PEMALANG, JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI ETNOBOTANI TUMBUHAN BERKHASIAT OBAT DI SEKITAR CAGAR ALAM BANTARBOLANG, KABUPATEN PEMALANG, JAWA TENGAH)
16640073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDI ETNOBOTANI TUMBUHAN BERKHASIAT OBAT DI SEKITAR CAGAR ALAM BANTARBOLANG, KABUPATEN PEMALANG, JAWA TENGAH)
16640073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman hayati melimpah, salah satunya yaitu tumbuhan obat. Etnobotani merupakan pemanfaatan tumbuhan oleh masyarakat. Masyarakat sekitar cagar alam masih menggunakan tumbuhan sebagai obat tradisional yang diwariskan secara turun temurun yang diperoleh dari nenek maupun orang tua. Data tumbuhan obat tersebut belum didokumentasikan. Hal ini tentu akan dapat hilang apabila tidak dilestarikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui konsep pengetahuan masyarakat dalam pemanfaatan tumbuhan obat dengan melihat jenis tumbuhan, organ yg digunakan dan habitusnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan teknik wawancara mendalam (indeept interview). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan 71 spesies tumbuhan obat yang tergolong ke dalam 38 famili. Famili tertinggi yaitu zingiberaceae sebanyak 12 spesies dengan habitus tertinggi herba (33%), organ tumbuhan yang paling banyak digunakan yaitu daun (53%) dengan cara pengolahan tertinggi yaitu direbus (61%), dan banyak ditemukan dikebun atau pekarangan (68%). Pembudidayaan tanaman baik disengaja maupun liar dikebun atau pekarangan merupakan konsep pemanfaatan tumbuhan obat oleh masyarakat sekitar cagar alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof Dr. Maizer Said Nahdi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Cagar Alam, Kualitatif, Zingibercaeae, Pekarangan
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 21 Oct 2022 14:18
Last Modified: 21 Oct 2022 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54399

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum