METODE PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA ANAK PRA-SEKOLAH DI TK QURROTA A'YUN BABADAN BANGUNTAPAN BANTUL

Lailatul Azizah, NIM. 02221259 (2006) METODE PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA ANAK PRA-SEKOLAH DI TK QURROTA A'YUN BABADAN BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA ANAK PRA-SEKOLAH DI TK QURROTA A'YUN BABADAN BANGUNTAPAN BANTUL)
02221259_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (METODE PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA ANAK PRA-SEKOLAH DI TK QURROTA A'YUN BABADAN BANGUNTAPAN BANTUL)
02221259_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan akhlak yang diterapkan di TK Qurrota A'yun meliputi dua hal, yaitu akhlak kepada Sang Kholik (Allah) dan akhlak kepada makhluk (ciptaan Allah). Atau dengan kata lain akhlak yang berkaitan dengan bagaimana membangun hubungan dengan Allah (hablun minallah) dan membangun hubungan dengan sesama manusia (hablun minan-nas). Untuk menanamkannya kepada anak-anak, dipergunakan sejumlah metode, yaitu: metode bercerita, metode pembiasan, metode bermain. metode bemyanyi, metode menghafal. Dengan metode-metode ini diharapkan penanaman nilai-nilai keagamaan dalam bidang akhlak pada anak TK Qurrota A'yun dapat memberikan hasil yang optimal. Dari penggunaan metode-metode tersebut, ditemukan sejumlah faktor yang dapat menjadi pendukung bagi suksesnya pembelajam dan juga sejumlah faktor yang dianggap dapat berpotensi menjadi penghambat kesuksesan pembelajaran. Faktor yang pertama adlal1 adanya guru-guru yang memiliki stabilitas dalam pengendalian emosi, terjadinya interaksi yang harmonis antara guru dan anak-anak, dan terakhir adalah para guru tersebut memiliki kopetensi (keahlian) di abidangnya masing-masing. Sedangkan yang menjadi penghambat adalah, adanya karakteristik yang berbeda-beda antara anak satu dengan yang lain, baik dilihat dari segi social, bakat maupun minat. Selain itu juga peran orang tu.a di nnnah dalam ikut mendidik anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Zainudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan, Anak Pra-sekolah TK Qurrota A'yun
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Oct 2022 14:57
Last Modified: 21 Oct 2022 14:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54404

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum