PERILAKU HARIAN OWA UNGKO (Hylobates agilis F. Cuvier, 1821) DALAM KANDANG BERSAMA DI PUSAT PENYELAMATAN SATWA CIKANANGA, SUKABUMI, JAWA BARAT

Ayu Diani Larasastu, NIM.: 17106040049 (2022) PERILAKU HARIAN OWA UNGKO (Hylobates agilis F. Cuvier, 1821) DALAM KANDANG BERSAMA DI PUSAT PENYELAMATAN SATWA CIKANANGA, SUKABUMI, JAWA BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERILAKU HARIAN OWA UNGKO (Hylobates agilis F. Cuvier, 1821) DALAM KANDANG BERSAMA DI PUSAT PENYELAMATAN SATWA CIKANANGA, SUKABUMI, JAWA BARAT)
17106040049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERILAKU HARIAN OWA UNGKO (Hylobates agilis F. Cuvier, 1821) DALAM KANDANG BERSAMA DI PUSAT PENYELAMATAN SATWA CIKANANGA, SUKABUMI, JAWA BARAT)
17106040049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku harian, frekuensi, frekuensi relatif, durasi, dan penyimpangan owa ungko yang berada di Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga. Pengamatan perilaku harian dilakukan menggunakan metode focal time sampling dengan interval waktu 1 menit dimulai dari pukul 06.00 sampai 17.00. Objek yang diamati yaitu 1 individu jantan dewasa dan 1 individu betina dewasa yang berada dalam 1 kandang bersama. Owa jantan dan betina merupakan hasil sitaan polisi dari perdagangan internasional berada dalam kandang berpasangan dengan lokasi kandang berupa kandang runs dengan suhu sekitar 19-250C. Owa jantan dan betina memiliki perilaku harian yang sama yaitu makan, bergerak, sosial, istirahat, agonistik, abnormal, dan membuang kotoran. Perilaku harian owa ungko tertinggi yaitu perilaku istirahat sedangkan perilaku terendah yaitu membuang kotoran. Durasi tertinggi yaitu perilaku istirahat dengan sebesar 396,3 menit (jantan) dan 362,9 menit (betina). Sedangkan durasi terendah yaitu membuang kotoran yaitu 0,1 menit (jantan dan betina). Perilaku menyimpang atau abnormal yang ditunjukkan owa ungko betina yaitu duduk di lantai kandang, memukul kepala, dan memutar badan sambil bergelantungan. Sedangkan perilaku menyimpang owa jantan yaitu tidak takut terhadap manusia, membanting badan,memutar badan sambil bergelantungan, dan menghisap jempol kaki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Najda Rifqiyati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Hylobates agilis, Owa ungko, Perilaku harian, Durasi, Frekuensi relatif, Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC)
Subjects: Biologi
Biografi Tokoh
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 21 Oct 2022 14:40
Last Modified: 21 Oct 2022 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54407

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum