PERAN PAGUYUBAN DAN PEMILIK INDUSTRI KNALPOT SEBAGAI PELAKU PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT KELURAHAN PURBALINGGA LOR KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA

Ira Kurniati, NIM.: 16720010 (2022) PERAN PAGUYUBAN DAN PEMILIK INDUSTRI KNALPOT SEBAGAI PELAKU PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT KELURAHAN PURBALINGGA LOR KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PAGUYUBAN DAN PEMILIK INDUSTRI KNALPOT SEBAGAI PELAKU PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT KELURAHAN PURBALINGGA LOR KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA)
16720010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN PAGUYUBAN DAN PEMILIK INDUSTRI KNALPOT SEBAGAI PELAKU PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT KELURAHAN PURBALINGGA LOR KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA)
16720010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Purbalingga memiliki beberapa industri yang berpotensi sebagai tempat penyedia lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Dimana mayoritas lapangan pekerjaan tersedia untuk perempuan, hal ini tidak seimbang dengan banyaknya tenaga laki-laki yang ada. Perlu adanya penyedia lapangan pekerjaan bagi laki-laki, salah satunya yaitu industri knalpot yang berada di Kelurahan Purbalingga Lor. Hadirnya industri ini telah menjadi penyedia lapangan pekerjaan bagi laki-laki dan mampu meningkatkan perekonomian bagi masyarakat sekitar. Sehinga penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa jauh peningkatan ekonomi pada industri knalpot mampu mengangkat/meningkatkan level pendidikan, kesehatan, dan sosial masyarakat Kecamatan Purbalingga, khusunya Kelurahan Purbalingga Lor. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori pemberdayaan dari Edi Suharto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi di sekitar industri, wawancara yang dilakukan dengan 11 narasumber, dan dokumentasi baik berupa gambar, catatan maupun rekaman sesuai dengan keadaan di lapangan. Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, juga penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran paguyuban dan pemilik industri knalpot dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat Kelurahan Purbalingga Lor (a) memberi peluang usaha bagi masyarakat sekitar, (b) membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, (c) meningkatkan pendapatan masyarakat, dan (d) peningkatan pendidikan, kesehatan dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sulistyaningsih, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: ekonomi masyarakat; industri kecil; industri knalpot; pemberdayan ekonomi
Subjects: Ekonomi Masyarakat
Pemberdayaan Masyarakat
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 02 Nov 2022 12:16
Last Modified: 02 Nov 2022 12:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54425

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum