KORELASI ANTARA INTERAKSI SOSIAL DENGAN PERILAKU BERINVESTASI DI KALANGAN PENGGUNA APLIKASI REKSADANA ONLINE “BIBIT”

Toni Fajar Ristanto, NIM.: 18107020070 (2022) KORELASI ANTARA INTERAKSI SOSIAL DENGAN PERILAKU BERINVESTASI DI KALANGAN PENGGUNA APLIKASI REKSADANA ONLINE “BIBIT”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASI ANTARA INTERAKSI SOSIAL DENGAN PERILAKU BERINVESTASI DI KALANGAN PENGGUNA APLIKASI REKSADANA ONLINE “BIBIT”)
18107020070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KORELASI ANTARA INTERAKSI SOSIAL DENGAN PERILAKU BERINVESTASI DI KALANGAN PENGGUNA APLIKASI REKSADANA ONLINE “BIBIT”)
18107020070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi finansial merupakan sebuah terobosan baru dalam perkembangan dunia modern. Kemudahan dan efektivitas dari integrasi keuangan dan teknologi mempunyai daya tawar yang tinggi di era serba cepat seperti sekarang ini. Trend menabung dan berinvestasi dengan memanfaatkan teknologi aplikasi di smartphone menjadi bahasan yang hangat di lingkungan masyarakat modern. Salah satunya adalah hadirnya aplikasi “Bibit” yang menjadi platform investasi reksadana secara online. Integrasi dengan sistem perbankan digital pun menjadikan aplikasi “Bibit” semakin mudah dan menjangkau berbagai lapisan masyarakat. Pola perilaku berinvestasi masyarakat dapat dipengaruhi dan berkorelasi dengan bagaimana interaksi sosial yang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara interaksi sosial dengan perilaku berinvestasi di kalangan pengguna aplikasi reksadana online “Bibit”. Teori yang digunakan oleh peneliti untuk menganalisa penelitian ini adalah teori keterlekatan tindakan sosial ekonomi yang dikemukakan oleh Mark Granovetter. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dibuat dalam bentuk google form yang kemudian disebarkan melalui grup Facebook “Bibit.id – Investasi Reksadana Untuk Pemula” dan juga aplikasi WhatsApp. Metode analisis yang digunakan yaitu uji regresi linear sederhana dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic versi 25 for windows. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan hasil bahwa: hipotesis yang menyatakan bahwa indikator interaksi sosial berkorelasi dengan perilaku berinvestasi dengan pengaruh sebesar 64%, sedangkan pada indikator komunikasi lingkungan sosial berkorelasi dengan perilaku berinvestasi dengan pengaruh sebesar 63,6%. Kemudian turunan dari interaksi sosial, berupa intensitas sumber informasi dan komunikasi lingkungan sosial berkorelasi dengan perilaku berinvestasi di kalangan pengguna aplikasi reksadana online “Bibit” diperoleh nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) yang artinya hipotesis tersebut diterima dan memiliki pengaruh sebesar 72,7%. Pengaruh kedua indikator turunan dari variabel X ini sangat besar karena dipengaruhi antara lain: Semakin banyak sumber informasi dan interaksi sosial yang dilakukan oleh para pengguna aplikasi reksadana online “Bibit” semakin banyak pula pemahaman dan informasi yang diserap, sehingga kebijakan investasi dapat dilakukan dengan lebih serius, analitis dan sistematis. Dan jika diuji secara simultan kedua variabel yaitu interaksi sosial memiliki pengaruh pada perilaku berinvestasi di kalangan pengguna aplikasi reksadana online “Bibit”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ahmad Norma Permata, S.Ag., M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: investation; reksadana; bibit; interaksi sosial
Subjects: Sosial, Interaksi
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Oct 2022 11:21
Last Modified: 24 Oct 2022 11:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54430

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum