UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL BUNGA DAN DAUN SOKA (Ixora coccinea) PADA MINYAK KELAPA

Nita Suzana, NIM.: 18106030001 (2022) UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL BUNGA DAN DAUN SOKA (Ixora coccinea) PADA MINYAK KELAPA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL BUNGA DAN DAUN SOKA (Ixora coccinea) PADA MINYAK KELAPA)
18106030001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL BUNGA DAN DAUN SOKA (Ixora coccinea) PADA MINYAK KELAPA)
18106030001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Soka (Ixora coccinea) merupakan salah satu tanaman genus Ixora yang tumbuh di Indonesia dan mengandung salah satu metabolit sekunder yang berpotensi sebagai antioksidan yaitu senyawa fenolik. Antioksidan dapat menunda atau memperlambat laju reaksi oksidasi minyak atau lemak dalam bahan pangan. Salah satu bahan pangan yang rentan mengalami oksidasi ialah minyak kelapa. Telah dilakukan penelitian uji aktivitas antioksidan ekstrak daun dan bunga soka dan uji bilangan peroksida dan kadar asam lemak bebas pada minyak kelapa yang ditambahkan dengan ekstrak etanol daun dan bunga soka. Daun dan bunga soka masing-masing diekstraksi dengan metode maserasi menggunakan pelarut etanol. Skrining fitokimia terhadap ekstrak etanol daun dan bunga soka dilakukan untuk mengidentifikasi golongan senyawa aktif yang terkandung. Aktivitas antioksidan ekstrak etanol daun dan bunga soka serta senyawa pembanding yaitu BHT kemudian diuji dengan menggunakan metode DPPH dan diukur dengan spektrofotometer UV-Vis. Ekstrak etanol daun dan bunga soka yang berfungsi sebagai antioksidan alami ditambahkan pada minyak kelapa kemudian diuji bilangan peroksida dan kadar asam lemak bebasnya serta dibandingkan dengan minyak kelapa tanpa penambahan antioksidan. Hasil skrining fitokimia menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun dan bunga soka mengandung senyawa fenolik dan flavonoid. Hasil uji aktivitas antioksidan ekstrak daun dan bunga soka serta larutan pembanding BHT masing-masing mempunyai potensi aktivitas antioksidan yang sangat kuat dengan nilai IC50 sebesar 2,0204 ppm, 18,0467 ppm, dan 14,6717 ppm. Bilangan peroksida minyak kelapa mengalami penurunan dengan penambahan ekstrak etanol daun dan bunga soka sebagai antioksidan alami masing-masing sebesar 24,304 meq/kg dan 24,598 meq/kg, sedangkan minyak kelapa awal yaitu sebesar 26,852 meq/kg. Kadar asam lemak bebas minyak kelapa dengan penambahan ekstrak etanol daun dan bunga soka sebagai antioksidan masing-masing mengalami penurunan sebesar 0,1847% dan 0,2155 %, sedangkan minyak kelapa awal yaitu sebesar 0,4002 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Susy Yunita Prabawati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Daun Soka, Bunga Soka, Antioksidan, DPPH, Minyak Kelapa, Bilangan Peroksida, Kadar Asam Lemak Bebas
Subjects: Kimia > Kimia Analitis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Oct 2022 11:45
Last Modified: 24 Oct 2022 11:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54432

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum