UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DARI EKSTRAK ETANOL DAUN KUPU-KUPU (Oxalis triangularis) DAN APLIKASINYA PADA ES KRIM

Diza Haris Pratiwi, NIM.: 18106030038 (2022) UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DARI EKSTRAK ETANOL DAUN KUPU-KUPU (Oxalis triangularis) DAN APLIKASINYA PADA ES KRIM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DARI EKSTRAK ETANOL DAUN KUPU-KUPU (Oxalis triangularis) DAN APLIKASINYA PADA ES KRIM)
18106030038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DARI EKSTRAK ETANOL DAUN KUPU-KUPU (Oxalis triangularis) DAN APLIKASINYA PADA ES KRIM)
18106030038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui aktivitas antioksidan ekstrak etanol daun kupu-kupu (Oxalis triangularis) serta aplikasinya terhadap es krim dalam meningkatkan kualitasnya dilihat dari kecepatan daya leleh dan overrun nya. Antioksidan yang terkandung dalam daun kupu-kupu dapat digunakan sebagai penghambat kerusakan lemak di dalam es krim sehingga dapat meningkatkan ketahanan terhadap pelelehan dan overrun nya. Daun kupu-kupu diekstraksi dengan metode maserasi menggunakan pelarut etanol selama 2 x 24 jam yang kemudian diuji fitokimia untuk dilihat kandungan senyawa metabolit sekunder di dalamnya. Selanjutnya, uji aktivitas antioksidan dilakukan dengan metode DPPH dan diukur dengan spektrofotometer UV-Vis. Senyawa pembanding yang digunakan ialah asam askorbat. Ekstrak daun kupu- kupu yang berperan sebagai antioksidan diaplikasikan pada es krim untuk meningkatkan kualitasnya melalui uji daya leleh dan nilai overrun es krim. Hasil uji fitokimia menunjukkan bahwa daun kupu-kupu mengandung senyawa metabolit sekunder yakni saponin, flavonoid, dan fenol. Hasil uji aktivitas antioksidan ekstrak etanol daun kupu-kupu dan asam askorbat (kontrol positif) memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat dengan nilai IC50<50 yakni 22,7 ppm dan 9,7 ppm. Es krim dengan penambahan ekstrak daun kupu- kupu yang berperan sebagai antioksidan memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan es krim tanpa penambahan ektstrak daun kupu-kupu yang masing-masing menunjukkan kecepatan daya leleh sebesar 34,08 menit dan 25,33 menit, sedangkan nilai overrun nya sebesar 73% dan 25%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Susy Yunita Prabawati, S.Si., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Daun Kupu-kupu, Antioksidan, Es Krim
Subjects: Kimia
Kimia > Kimia Analitis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Oct 2022 12:04
Last Modified: 24 Oct 2022 12:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54436

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum