PENDAMPINGAN ANAK ASUH OLEH KORDISKA DI BANTARAN KALI GAJAH WONG NGENTAK SAPEN, CATUR TUNGGAL, DEPOK, SLEMAN PERIODE (2005-2006)

Muslim Hidayat, NIM. 02231099 (2006) PENDAMPINGAN ANAK ASUH OLEH KORDISKA DI BANTARAN KALI GAJAH WONG NGENTAK SAPEN, CATUR TUNGGAL, DEPOK, SLEMAN PERIODE (2005-2006). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDAMPINGAN ANAK ASUH OLEH KORDISKA DI BANTARAN KALI GAJAH WONG NGENTAK SAPEN, CATUR TUNGGAL, DEPOK, SLEMAN PERIODE (2005-2006))
02231099_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENDAMPINGAN ANAK ASUH OLEH KORDISKA DI BANTARAN KALI GAJAH WONG NGENTAK SAPEN, CATUR TUNGGAL, DEPOK, SLEMAN PERIODE (2005-2006))
02231099_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Model pendampingan KORDISKA mengacu pada posisi antara tenaga sosial dan masyarakat (anak asuh) yang didampingi bersifat sejajar. Untuk membangun pandangan bahwa tidak ada atasan maupun bawahan sehingga diantara keduanya memiliki fungsi yang sama tanpa melihat status sosial yang ada. Jadi pendampingan mempunyai arti bahwa seorang pendamping (sosial worker) berada pada pihak anak asuh dengan fungsi menemani, atau mendampingi anak asuh. Sedangkan untuk pendampingan terhadap anak seorang pekerja sosial di KORDISKA ditekankan untuk mengetahui penyebab atau akar pennasalahan yang dialami oleh anak tersebut. Terkait dengan pengetahuan para tenaga sosial tersebut mengenai masalah yang dialami oleh anak maka, akan lebih mudah dalam memberikan pelayanan yang tepat bagi mereka. Sehingga dalam pelaksanaan pendampingan tersebut akan tepat dan sesuai dengan yang telah direncanakan. Pelaksanaan kegiatan pendampingan terhadap anak dapat dilak-ukan dengan model semi panti dengan sasaran utamanya adalah anak, keluarga dan juga komunitas lokal/ pemerintah lokal. Pendampingan terhadap anak dapat diwujudkan dalam berbagai macam dukungan sosial diantaranya; Pertama dukungan kongkret atau nyata terhadap anak seperti pemberian beasiswa, perlengkapan belajar, uang dan lain lain. Kedua dukungan sosial berupa infonnasi, pengetahuan dan ketrampilan terhadap anak seperti pengetahuan tentang agama, ketrampilan menari, membaca dan membuat puisi serta melukis dan lain sebaginya. Kettga pemberian dukungan sosial berupa dukungan interpersonal berupa penerimaan, kehangatan dan perhatian kepada anak. Keempat pemberian dukungan sosial berupa kontak positif dengan jaringan sosial yang bennanfaat bagi perkembangan anak. Sedangkan pendampingan terhadap keluarga dapat diwujudkan dengan pegertian, pemahaman tentang perlakua anak secara baik dan juga pemberdayaan ekonomi produktif bagi keluarga. Sedangkan pendampingan terhadap komunitas lokal dapat diwujudkan dalam kegiatan berupa seminar dan memfungsikan mass media sebagai monitoring dan sosialisasi atau bentuk kampanye publik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Moh. Abu Suhud, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendampingan Anak Asuh, Bantaran Kali Gajah Wong Ngentak Sapen, Catur Tunggal,
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Oct 2022 09:58
Last Modified: 25 Oct 2022 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54485

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum