FAKTOR MODAL SOSIAL DALAM PEMILIHAN METODE YANBU’A ATAU QIRO’ATI DALAM BACA AL-QURAN (Studi Kasus Desa Dukuhseti Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati Jawa Tengah)

Zahrotul Hikmah, NIM.: 15720037 (2022) FAKTOR MODAL SOSIAL DALAM PEMILIHAN METODE YANBU’A ATAU QIRO’ATI DALAM BACA AL-QURAN (Studi Kasus Desa Dukuhseti Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati Jawa Tengah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR MODAL SOSIAL DALAM PEMILIHAN METODE YANBU’A ATAU QIRO’ATI DALAM BACA AL-QURAN (Studi Kasus Desa Dukuhseti Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati Jawa Tengah))
15720037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR MODAL SOSIAL DALAM PEMILIHAN METODE YANBU’A ATAU QIRO’ATI DALAM BACA AL-QURAN (Studi Kasus Desa Dukuhseti Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati Jawa Tengah))
15720037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengambil topik tentang faktor modal sosial dalam pemilihan metode baca Al-Quran di Desa Dukuhseti. Dalam lingkungan masyarakat, banyak sekali jenis metode pembelajaran Al-Qur‟an yang sangat familiar diantaranya: metode Iqro‟, Ummi, Qiro‟ati, Yanbu‟a, Bahdadi, al-Karim dan lain sebagainya. Di Desa Dukuhseti terdapat dua metode yang digunakan oleh masyarakat setempat dalam proses pembelajaran Al-Qur‟an yakni metode Yanbu‟a dan Qiro‟ati. Dengan perkembangan zaman muncul perbedaan pandangan dalam masyarakat setempat terhadap kedua metode tersebut yang akhirnya berdampak pada munculnya gap antar masyarakat terhadap masing-masing metode pembelajaran Al-Qur‟an. Secara umum kedua metode tersebut memiliki persamaan yang menawarkan kemudahan dan kelancaran dalam membaca Al-Qur‟an. Penelitian ini bertujuan mengetahui mengapa di masyarakat Desa Dukuhseti mucul penggunaan dua metode pembelajaran Al-Qur‟an, yaitu Yanbu‟a dan Qiro‟ati. Dan juga dasar-dasar sosiologis apa yang digunakan masyarakat Desa Dukuhseti untuk memutuskan penggunaan dua metode pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data dilakukan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori modal sosial (kepercayaan, norma, dan jaringan) yang dikemukakan oleh Robert D. Putnam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor modal sosial yang mempengaruhi masyarakat di Desa Dukuhseti dalam penggunaan metode pembelajaran Al-Qur‟an adalah adanya kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pembelajaran dapat meningkatkan minat santri terhadap pembelajaran Al-Qur‟an. Kemudian, masyarakat dalam memilih metode Yanbu‟a dan Qiro‟ati berdasarkan pada pengaruh lingkungan sekitar. Semacam terdapat peraturan yang tidak mengikat dimasyarakat untuk mewajibkan mendaftarkan anaknya untuk belajar di metode Yanbu‟a dan Qiro‟ati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ); modal sosial; pembelajaran
Subjects: Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Oct 2022 15:14
Last Modified: 25 Oct 2022 15:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54507

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum