ANALISIS TERHADAP GUGATAN TIDAK DAPAT DITERIMA (NIET ONTVANKELIJK VERKLRAAD) PERKARA GUGATAN CERAI DI PENGADILAN AGAMA SLEMAN PADA TAHUN 2020

Vicky Dede Aridha, NIM.: 18103050005 (2022) ANALISIS TERHADAP GUGATAN TIDAK DAPAT DITERIMA (NIET ONTVANKELIJK VERKLRAAD) PERKARA GUGATAN CERAI DI PENGADILAN AGAMA SLEMAN PADA TAHUN 2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS TERHADAP GUGATAN TIDAK DAPAT DITERIMA (NIET ONTVANKELIJK VERKLRAAD) PERKARA GUGATAN CERAI DI PENGADILAN AGAMA SLEMAN PADA TAHUN 2020)
18103050005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS TERHADAP GUGATAN TIDAK DAPAT DITERIMA (NIET ONTVANKELIJK VERKLRAAD) PERKARA GUGATAN CERAI DI PENGADILAN AGAMA SLEMAN PADA TAHUN 2020)
18103050005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Niet Ontvankelijk Verklaard merupakan sebuah gugatan yang didalamnya mengandung sebuah cacat formil sehingga diputus degan amar tidak dapat diterima (Niet Ontvankelijk Verklaard). Gugatan dapat mengandung cacat formil disebabkan karena, gugatannya tidak berdasarkan hukum, gugatan tidak memiliki kepentingan hukum, gugatan eror in persona, gugatan melanggar kompetisi kewenangan, gugatan kabur (Obscuur Libel), gugatan Nebis in idem, gugatan yang diajukan masih prematur, dan gugatan yang diajukan daluwarsa. Apabila sebuah gugatan mengandung salah satu cacat formil tersebut maka gugatan dinyatakan dalam putusan dengan amar tidak dapat diterima (Niet Ontvankelijk Verklaard). Apabila dalam pemeriksaan syarat formil ditemukan sebuah pada gugatannya maka pemeriksaan terhadap pokok perkara tidak perlu dilanjutkan, dan dijatuhkan putusan dengan amar gugatan tidak dapat diterima (Niet Ontvankelijk Verklaard). Jenis penelitian yang digunakam merupakan penelian literer atau studi kepustakaan, dengan menggunakan metode pendekatan Yuridis Normatif, berdasarkan peraturan Perundang-Undangan, dan beberapa bahan hukum. Sumber data primer penelitian ini berasal dari putusan Pengadilan Agama Sleman tahun 2020, Nomor 823/Pdt.G/2020/PA.Smn dan Putusan Nomor 378/Pdt.G/2020/PA.Smn. Sifat penelitian berupa deskirptif analisis. Sumber data dari penelitian ini didapatkan melalui metode studi kepustakaan, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah gugatan yang tidak dapat diterima pada perkara Nomor 823/Pdt.G/2020/PA.Smn dan perkara Nomor 378/Pdt.G/2020/PA.Smn, kedua gugatan cerai yang dinyatakan dalam putusan dengan amar tidak dapat diterima (Niet Ontvankelijk Verklaard), karena didalam gugatannya mengandung cacat formil berupa gugatan kabur/ tidak jelas. Gugatan kabur/tidak jelas disebabkan karena kesalahan pada alamat tempat tinggal Tergugat tidak sinkron, sehingga gugatannya dianggap kabur/tidak jelas sehingga diputus dengam amar tidak dapat diterima (Niet Ontvankelijk Verklaard).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ahmad Bunyan Wahib, M.Ag, M,A
Uncontrolled Keywords: Putusan Niet Ontvankelijk Verklaard, Peceraian, Gugatan Nomor 823/Pdt.G/PA.Smn
Subjects: Hukum Keluarga
Cerai
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Oct 2022 08:42
Last Modified: 26 Oct 2022 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54509

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum