TANGGAPAN REMAJA ISLAM TERHADAP KEGIATAN KEAGAMAAN IKATAN REMAJA MASJID (IKAREMA) SULTAN AGUNG BABADAN BARU CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Suryani Muniroh, NIM.: 91220958 (2000) TANGGAPAN REMAJA ISLAM TERHADAP KEGIATAN KEAGAMAAN IKATAN REMAJA MASJID (IKAREMA) SULTAN AGUNG BABADAN BARU CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TANGGAPAN REMAJA ISLAM TERHADAP KEGIATAN KEAGAMAAN IKATAN REMAJA MASJID (IKAREMA) SULTAN AGUNG BABADAN BARU CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
91220958_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (TANGGAPAN REMAJA ISLAM TERHADAP KEGIATAN KEAGAMAAN IKATAN REMAJA MASJID (IKAREMA) SULTAN AGUNG BABADAN BARU CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
91220958_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (991kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan keagamaan dalam penelitian ini adalah usaha-usaha untuk mengajak dan menggerakkan umat manusia dalam rangka Amar Ma'ruf Nahi Mungkar agar mentaati perintah Allah SWT. Ikatan Remaja Masjid (IKAREMA) Sultan Agung merupakan lembaga dakwah atau organisasi dakwah yang anggotanya adalah para remaja Islam yang berada di wilayah Dusun Babadan Baru Condongcatur Depok Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Sampel diambil dengan cara Purposive Sampling artinya dalam mengambil sampel didasarkan atas ciri-ciri atau sifat-sifat yang sudah diketahui sebelumnya yang sesuai dengan sifat-sifat populasi. Metode pengumpulan data dengan metode angket atau quetionare, dokumentasi dan wawancara. Hasil Penelitian ini adalah 1. Pengajian dua minggu sekali Dari analisa data tentang tanggapan responden terhadap para "pemberi pengajian (dai)" dapatlah diketahui bahwa mayoritas atau 64% responden memberikan tanggapan "positif'. Hal ini dapat dilihat pada tabel dari masing-masing item (pertanyaan) yang berkaitan dengan pemberi pengajian (da'i) yang jumlahnya ada 5 item (pertanyaan). Dari analisa data tentang tanggapan responden terhadap "Materi Penga­j ian" pada pengajian rutin dua mingguan yang diselenggarakan oleh Ikatan Remaja Masjid (IKAREMA) Sultan Agung dapatlah diketahui bahwa mayoritas atau 54, 13% responden memberikan tanggapan yang baik. Kemudian untuk tanggapan responden terhadap "Metode Pengajian" dapat diketahui bahwa mayoritas atau 38,22% dari seluruh responden memberikan tanggapan "baik". Sedangkan metode yang paling disukai adalah metode diskusi dan ceramah. Adapun metode yang tidak disukai oleh responden adalah metode tanya jawab. 2. Kegiatan bakti sosial Untuk tanggapan responden terhadap kegiatan "Bakti Sosial" hasilnya sangat baik. Dari pertanyaan yang diajukan, hampir seluruhnya menjawab setuju dan sangat setuju. Hal ini dapat dilihat dari jawaban setuju dan sangat setuju diperoleh hasil 50,22%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Abror Sodik
Uncontrolled Keywords: bakti sosial; remaja; kegiatan keagamaan; program kerja; IKAREMA
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Remaja > Remaja Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Oct 2022 08:38
Last Modified: 27 Oct 2022 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54550

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum