PESAN AKHLAK USTAD UMAR BUDIHARGO DALAM RUBRIK “KAJIAN AHAD PERTAMA” MAJALAH SWARA QUR’AN EDISI JUNI-OKTOBER 2012

Nur Isti Rahmawati, NIM.: 07210003 (2013) PESAN AKHLAK USTAD UMAR BUDIHARGO DALAM RUBRIK “KAJIAN AHAD PERTAMA” MAJALAH SWARA QUR’AN EDISI JUNI-OKTOBER 2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PESAN AKHLAK USTAD UMAR BUDIHARGO DALAM RUBRIK “KAJIAN AHAD PERTAMA” MAJALAH SWARA QUR’AN EDISI JUNI-OKTOBER 2012)
07210003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PESAN AKHLAK USTAD UMAR BUDIHARGO DALAM RUBRIK “KAJIAN AHAD PERTAMA” MAJALAH SWARA QUR’AN EDISI JUNI-OKTOBER 2012)
07210003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Rubrik “Kajian Ahad Pertama” mengkaji tentang kehidupan dan peradaban manusia yang senantiasa mengalami perubahan. Dalam rubrik ini mengkaji tentang ajakan kepada pembaca (mad’u) untuk memperbaiki akhlaq atau budi pekerti, perangai, tingkah laku atau tabiat ke arah yang lebih baik atau positif, yaitu akhlaq yang sifatnya benar, amanah, sabar dengan berpedoman pada Al- Qur’an dan Hadits. Rubrik “Kajian Ahad Pertama” sangat bermanfaat dan dapat dijadikan dasar untuk memperbaiki akhlaq atau perangai manusia demi kemaslahatan umat, dan juga berkontribusi memberikan motivasi kepada masyarakat luas untuk memperbaiki ahlaqul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini hendak mengkaji tentang pesan akhlaq yang disampaikan oleh ustad Umar Budihargo dalam rubrik “Kajian Ahad Pertama” Majalah Swara Quran, Edisi Juni-Oktober 2012. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi yang memiliki tujuan utama menjelaskan karakteristik dari pesan-pesan yang termuat dalam teks-teks umum dan media. Subyek penelitian yaitu para pengurus redaksi Majalah Swara Quran. Sedangkan obyek yang diteliti adalah tema atau topik dari teks (tulisan-tulisan) rubrik “Kajian Ahad Pertama” yang mengandung pesan akhlaq yang dimuat Majalah Swara Quran Edisi Juni-Oktober 2012. Pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi dan wawancara. Tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis wacana model Teun A. Van Dijk, yang menekankan pada aspek bahasa yang digunakan oleh media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan kultur akhlak mulia melalui pesan akhlak yang disampaikan melalui Dakwah disajikan pada “Kajian Ahad Pertama” intinya mengajarkan akhlak Al-Mahmudah dan dan menghindari akhlak al-mazmumah. Kajian Ahad Pertama dikemas dengan baik dan didukung oleh dasar hukum dan contoh-contoh yang relevan, materi yang memadai, serta metode dan strategi yang baik akan memberikan pengaruh yang besar dalam keberhasilan proses penyampaian isi dakwah, sehingga dapat pembentukan kultur akhlak mulia di kalangan para pembaca bisa terwujud dengan baik. Jika dicermati terdapat kesamaan secara umum dari keempat tema dakwah yang ditetapkan sebagai sampel yang diteliti, yakni dalam penyajian materi dilaksanakan secara sederhana, tetapi tanpa mengurangi makna yang disampaikan, untuk menguatkan isi dakwah disajikan pula dasar hukum yang jelas, bahwa Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW merupakan sumber dan panduan utama bagi umat Islam dalam aqidah, syariat, ibadah, akhlak dan segala perkara berkaitan kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan, ekonomi, sosial, politik, budaya dan sebagainya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Evi Septiana TH, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pesan, Akhlaq, Rubrik Kajian Ahad Pertama, Majalah Swara Quran
Subjects: Komunikasi Islam
DAKWAH ISLAM
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Oct 2022 09:05
Last Modified: 27 Oct 2022 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54552

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum