PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM ELEKTRONIK BERBASIS GREEN CHEMISTRY PADA MATERI KOLOID

Syifa Tazkiyatun Nafs, NIM.: 18106070049 (2022) PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM ELEKTRONIK BERBASIS GREEN CHEMISTRY PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM ELEKTRONIK BERBASIS GREEN CHEMISTRY PADA MATERI KOLOID SKRIPSI Untuk memenuhi sebagian persyaratan mencapai derajat S-1)
18106070049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM ELEKTRONIK BERBASIS GREEN CHEMISTRY PADA MATERI KOLOID SKRIPSI Untuk memenuhi sebagian persyaratan mencapai derajat S-1)
18106070049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan perubahan dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Namun selama pembelajaran daring, beberapa metode pembelajaran pelaksanaannya menjadi terhambat, salah satunya adalah praktikum. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Namun pelaksanaan praktikum yang tidak terkontrol juga dapat menimbulkan dampak negatif. Diantaranya adalah kecelakaan kerja dan timbulnya masalah limbah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Petunjuk Praktikum Elektronik Berbasis Green Chemistry pada Materi Koloid serta mengetahui kualitas petunjuk praktikum elektronik berdasarkan penilaian ahli dan reviewer. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate, namun hanya dilakukan sampai tahap develop saja. Karakteristik produk ini berupa petunjuk praktikum elektronik yang dikemas dalam bentuk flipbook sebagai media pembelajaran materi koloid yang dikembangkan menggunakan prinsip green chemistry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kualitas media yang dilakukan oleh ahli materi mendapatkan kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 100% ; ahli media mendapat kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 89,09% ; reviewer mendapatkan kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 87,25%. Hasil respon siswa terhadap media didapatkan persentase keidealan sebesar 97,5%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan petunjuk praktikum ini dapat dijadikan alternatif media pembelajaran praktikum kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Laili Nailul Muna, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Petunjuk Praktikum, Koloid, Green Chemistry
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 27 Oct 2022 15:03
Last Modified: 27 Oct 2022 15:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54573

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum