PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN JAMUR MAKROSKOPIS DI KAWASAN TELAGA MUNCAR DAN BUKIT TURGO TAMAN NASIONAL GUNUNG MERAPI SEBAGAI MEDIA PENUNJANG PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA/MA

Fatimah Darmawanti, NIM.: 18106080005 (2022) PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN JAMUR MAKROSKOPIS DI KAWASAN TELAGA MUNCAR DAN BUKIT TURGO TAMAN NASIONAL GUNUNG MERAPI SEBAGAI MEDIA PENUNJANG PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN JAMUR MAKROSKOPIS DI KAWASAN TELAGA MUNCAR DAN BUKIT TURGO TAMAN NASIONAL GUNUNG MERAPI SEBAGAI MEDIA PENUNJANG PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA/MA)
18106080005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN JAMUR MAKROSKOPIS DI KAWASAN TELAGA MUNCAR DAN BUKIT TURGO TAMAN NASIONAL GUNUNG MERAPI SEBAGAI MEDIA PENUNJANG PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA/MA)
18106080005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan media pembelajaran berupa media cetak yaitu booklet pada submateri jamur makroskopis sebagai media penunjang pembelajaran di SMA/MA. Dalam penelitian ini terdiri dari dua tahap penelitian yaitu penelitian kenanekaragaman jamur makroskopis dan penelitian pengembangan booklet keanekaragaman jamur makroskopis sebagai media penunjang pembelajaran di SMA/MA. Penelitian keanekaragaman jamur makroskopis merupakan jenis penelitian dekriptif kualitatif dengan metode jelajah menggunakan teknik purposive sampling. Pada penelitian ini keanekaragaman yang di maksud terbatas pada kenekaragaman jenis dan dihasilkan 65 jenis jamur makroskopis di kawasan Tlogo Muncar dan Bukit Turgo kawasan TNGM Sleman. Penelitian pengembangan booklet jamur makrokopis merupakan penelitian pengembangan Research and Development (RnD) menggunkan model ADDIE. Booklet yang telah disusun kemudian diuji kelayakannya kepada ahli materi ahli media dan uji coba terbatas kepada siswa kelas X MAN 1 Sleman. Dalam penelitian ini diperoleh hasil penilaian ahli materi sebesar 83,21%, ahli media sebesar 90,75%, guru biologi sebesar 95%, dan respon siswa sebesar 85,4%. Rata-rata perolehan penilaian kualitas booklet sebesar 88,5% sehingga dapat disimpulkan bahwa booklet keanekaragaman jamur makroskopis di kawasan Tlogo Muncar dan Bukit Tugo Taman Nasional Gunung Merapi layak digunakan sebagai media penunjang pembelajaran pada materi fungi kelas X SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Widodo, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kenekaragaman, jamur makroskopis, TNGM, Booklet
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 27 Oct 2022 15:09
Last Modified: 27 Oct 2022 15:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54576

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum