“PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN FILUM MOLLUSCA DI PANTAI KRAKAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA SMA/MA”

Callista Listia Ningrum, NIM.: 18106080006 (2022) “PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN FILUM MOLLUSCA DI PANTAI KRAKAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA SMA/MA”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (“PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN FILUM MOLLUSCA DI PANTAI KRAKAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA SMA/MA”)
18106080006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (“PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN FILUM MOLLUSCA DI PANTAI KRAKAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA SMA/MA”)
18106080006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sumber belajar cetak berupa booklet keanekaragaman hewan filum mollusca di Pantai Krakal yang berkualitas sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar biologi alternatif bagi siswa SMA/MA, dan mengetahui kualitas booklet yang telah dikembangkan sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar. Penelitian ini terdiri dari tahap penelitian keanekaragaman filum mollusca di Pantai Krakal dan tahap pengembangan booklet keanekaragaman filum mollusca. Penelitian keanekaragaman menghasilkan 28 spesies yang terbagi dalam 22 famili. Spesies tersebut diantaranya 1 spesies termasuk kelas Polyplachopora, 20 spesies termasuk kelas Gastropoda, dan 7 spesies termasuk kelas Bivalvia. Penelitian ini termasuk Research and Development (R & D) menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu, analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan dan produksi (development & production), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrumen yang digunakan berupa lembar angket. Kualitas booklet di nilai oleh 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli media, 1 peer reviewer, 1 guru biologi, dan 15 siswa SMA/MA. Penelitian uji coba terbatas dilakukan di MAN 1 Sragen. Perhitungan data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Secara keseluruhan nilai persentase keidealan booklet adalah 91,12% termasuk dalam kategori sangat baik (SB). Penilaian oleh ahli materi dihasilkan persentase keidealan sebesar 96,3% termasuk dalam kategori sangat baik (SB); ahli media dihasilkan persentase keidealan sebesar 80% termasuk dalam kategori baik (B); peer reviewer dihasilkan persentase keidealan sebesar 83% termasuk dalam kategori sangat baik (SB); guru biologi dihasilkan persentase keidealan sebesar 98% termasuk dalam kategori sangat baik (SB); dan respon siswa dihasilkan persentase keidealan sebesar 98,3% termasuk dalam kategori sangat setuju (SS). Berdasarkan penilaian tersebut, booklet keanekaragaman filum mollusca di Pantai Krakal ini sangat layak digunakan sebagai salah satu alternatif sumber belajar bagi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sulistyawati, S.Pd.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Booklet, Filum Mollusca, Pantai Krakal, Sumber Belajar.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 27 Oct 2022 15:14
Last Modified: 27 Oct 2022 15:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54577

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum