PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH UNTUK SISWA

Aghnia Nafi’Audi Tabrany, NIM.: 18106080048 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH UNTUK SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH UNTUK SISWA)
18106080048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH UNTUK SISWA)
18106080048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Flash card pada materi pokok Sistem Peredaran Darah untuk siswa kelas XI SMA/MA dan mengetahui kualitas media pembelajaran Flash card Sistem Peredaran Darah yang telah dikembangkan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran biologi untuk siswa SMA/MA kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Developement (R&D) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develope, and Disseminate). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket penilaian ahli media, angket penilaian ahli materi, angket penilaian guru dan peer reviewer, dan angket penilaian siswa. Kualitas media pembelajaran dinilai oleh reviewer (1 ahli media, 1 ahli materi, 4 peer reviewer dan 1 guru biologi). Uji coba terbatas dilakukan oleh 31 orang siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Banguntapan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif berdasarkan kategori penilaian ideal. Berdasarkan hasil penelitian kualitas media pembelajaran Flash card Sistem Peredaran Darah masuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan hasil persentase ideal yang diperoleh dari ahli media 91,66%, ahli materi 91,42%, peer reviewer 95,19% dan guru biologi 86,92%. Sedangkan untuk respon siswa mendapatkan hasil persentase ideal 91,48% dalam kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Flash card Sistem Peredaran Darah layak digunakan dalam pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Annisa Firanti, S.Pd.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: flash card, media pembelajaran, sistem peredaran darah
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 27 Oct 2022 15:15
Last Modified: 27 Oct 2022 15:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54578

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum