EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH TSANAWIYAH DAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Rika Lutfiana Utami, NIM.: 18204020025 (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH TSANAWIYAH DAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH TSANAWIYAH DAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KABUPATEN LAMPUNG TENGAH)
18204020025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH TSANAWIYAH DAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KABUPATEN LAMPUNG TENGAH)
18204020025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab tidak akan terlepas oleh pendekatan, metode, media maupun strategi yang digunakan agar tujuan dari pembelajaran bahasa tersebut dapat tercapai secara cepat, efektif, dan efesien. Sejalan dengan perkembangan paradigma tentang pendidikan, pendidikan dihadapkan pada sejumlah tantangan yang semakin berat dan sulit. Salah satu kesulitannya yaitu masuknya pandemi Covid-19 di Indonesia yang menyebabkan sektor pendidikan juga terkena dampaknya. Untuk mengatasi hal tersebut pihak sekolah memindahkan pembelajaran menggunakan sistem daring guna mempermudah pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan efektivitas pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda, Madrasah Tsanawiyah Guppi 13 Trimurjo, dan SMP Muhammadiyah 1 Trimurjo, dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda, Madrasah Tsanawiyah Guppi 13, dan SMP Muhammadiyah 1 Trimurjo di kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mixed Research atau penelitian gabungan. Penelitian ini menggabungkan penelitian kualitatif untuk mengetahui kualitas pembelajaran bahasa Arab dan kuantitatif untuk mengetahui efektivitas pembelajaran bahasa Arab. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Adapun kualiatas pembelajaran bahasa Arab di masa pandemi covid-19 menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di madrasah tsanawiyah di kabupaten Lampung Tengah pembelajaran dilakukan dengan daring menggunakan whatsapp berjalan tidak efektif. Berdasarkan hasil penelitian tentang efektivitas pembelajaran bahasa Arab di masa pandemi Covid-19 menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di masa pandemi Covid-19 dikategorikan “Sangat Tidak Efektif”, hal ini berdasarkan hasil nilai tes efektivitas pembelajaran bahasa Arab yang diperoleh yaitu 35,71%. Adapun hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di masa pandemi Covid-19 berjalan kurang baik dan tidak efesien.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muhammad Ja‟far Shodiq, S.Pd.I., M.SI.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Bahasa Arab, Covid-19
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 31 Oct 2022 10:24
Last Modified: 31 Oct 2022 10:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54580

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum