MANAJEMEN SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MELALUI AKREDITASI DI SD IT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN

Mawadhatul Asfah, NIM.: 18204090025 (2022) MANAJEMEN SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MELALUI AKREDITASI DI SD IT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MELALUI AKREDITASI DI SD IT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN Tesis)
18204090025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MELALUI AKREDITASI DI SD IT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN Tesis)
18204090025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Akreditasi sekolah menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan berdasarkan kriteria-kriteria tertentu, yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan sebagai bukti akuntabilitas terhadap publik. Akreditasi memberikan dampak pada mutu sekolah. Pencapaian hasil akreditasi berkaitan erat dengan manajemen sekolah dalam mempersiapkan proses akreditasi. SD IT Salsabila 3 Banguntapan merupakan sekolah yang mendapatkan hasil terbaik pada sekolah dasar se-yogyakarta dalam akreditasi tahun 2018, yakni terskreditasi A dengan total nilai 94. Tujuan dari peneltian ini yakni untuk mendeskripsikan dan mengetahui manajemen sekolah dalam menyiapkan akreditasi, ketercapaian 8 Standar Nasional Pendidikan/SNP melalui akreditasi, dan dampak akreditasi terhadap mutu sekolah di SD IT Salsabila 3 Banguntapan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman, yakni: mengumpulkan data, mereduksi data, hasil/penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan antara lain (1) Dalam mempersiapkan akreditasi sekolah, SD IT Salsabila 3 Banguntapan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen. Dalam pelaksanaan manajemen sekolah perlu adanya persamaan persepsi antar seluruh warga sekolah, dengan demikian penerapan sistem dan manajemen sekolah akan berjalan dengan baik dan menjadi budaya sekolah. (2) Strategi yang digunakan sekolah untuk kesuksesan akreditasi sekolah yakni dengan mengupayakan untuk mencapai standar pelayanan minimal dan/atau melampuainya. Faktor penghambat dalam proses penyiapan akreditasi yakni standar yang tidak dapat diupayakan dengan cepat, seperti standar sarana dan prasarana. Sedangkan faktor pendukungnya yakni kerjasama antar sekolah, asessor, dan stakeholder, dan seluruh sekolah-sekolah Salsabila yang terjalin baik. (3) Ketercapaian 8 Standar Nasional Pendidikan melalui akreditasi mendapatkan nilai yang baik dan memuaskan. Dalam penilaian mutu, sekolah belum pernah melaksanakan survei terhadap masyarakat dan warga sekolah secara langsung. Namun, dengan mendapatkan hasil akreditasi yang baik, hal ini memberikan dampak pada meningkatnya jumlah siswa yang minat mendaftar di SD IT Salsabila 3 Banguntapan, bertambahnya relasi dan kesempatan sekolah untuk mengikuti kegiatan dan melaksanakan program sekolah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Akreditasi, Mutu
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 28 Oct 2022 09:24
Last Modified: 28 Oct 2022 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54584

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum