PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KESIAPAN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL IKLA MAHASISWA MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

M. Iqbal Akbar, NIM: 18204021012 (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KESIAPAN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL IKLA MAHASISWA MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KESIAPAN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL IKLA MAHASISWA MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
18204021012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KESIAPAN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL IKLA MAHASISWA MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
18204021012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkapkan tingkat motivasi belajar, kesiapan belajar, dan dukungan lingkungan belajar mahasiswa program studi Magister Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, serta pengaruhnya terhadap perolehan hasil Ikhtibār Kafā’ah al-Lugah al-‘Arabiyyah (IKLA). Baik pengaruhnya secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif-asosiatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Objek penelitian ini merupakan mahasiswa Program Studi MPBA angkatan tahun 2018-2020, dengan menggunakan random sampling sebagai teknik pengambilan sampelnya. Analisis data dikakukan dengan: 1) Uji Prasarat Analisis, yang meliputi uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas; serta 2) Uji Hipotesis, yang meliputi uji regresi linier berganda, uji simultan, uji parsial, dan uji kontribusi atau koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar memiliki pengaruh yang signigikan terhadap hasil IKLA mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.; (2) Kesiapan belajar tidak memiliki pengaruh secara signfikan terhadap hasil IKLA mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.; (3) Lingkungan belajar tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap hasil IKLA mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; (4) Motivasi belajar, kesiapan belajar, dan lingkungan belajar secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil IKLA mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muhammad Jafar Shodiq, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: IKLA, Bahasa Arab, Motivasi, Kesiapan, Lingkungan Belajar
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 31 Oct 2022 10:29
Last Modified: 31 Oct 2022 10:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54589

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum