ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PECAHAN SENILAI PADA SISWA KELAS IVA SDIT UKHUWAH ISLAMIYAH YOGYAKARTA

Dewi Sutilah, NIM.: 18204080044 (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PECAHAN SENILAI PADA SISWA KELAS IVA SDIT UKHUWAH ISLAMIYAH YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PECAHAN SENILAI PADA SISWA KELAS IVA SDIT UKHUWAH ISLAMIYAH YOGYAKARTA)
18204080044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PECAHAN SENILAI PADA SISWA KELAS IVA SDIT UKHUWAH ISLAMIYAH YOGYAKARTA)
18204080044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal matematika, kesulitan siswa dan solusi dalam menyelesaikan soal matematika materi pecahan senilai pada siswa kelas IVA SDIT Ukhuwah Islamiyah Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualittaif deskriptif analitik. Penelitian ini dilakukan pada kelas IVA SDIT Ukhuwah Islamiyah Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, tes, dan dokumentasi. Sebelum dilakukan tes, peneliti melakukan validitas soal, untuk mengetahui tingkat kevalidan soal yang akan digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika materi pecahan senilai, sebagai berikut: a) motivasi belajar yang kurang, b) kurangnya kesiapan belajar, c) siswa kurang konsentrasi dalam pembelajaran, d) kemampuan mengingat siswa. 2. Analisis kesulitan dan solusi siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi pecahan senilai, sebagai berikut: a) kelemahan dalam menghitung, b) kesulitan dalam mentransfer pengetahuan, c) pemahaman bahasa matematika yang kurang, d) kesulitan dalam persepsi visual, untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut maka diperlukan solusi, yakni: (a) setiap hari ketika mulai pembelajaran guru hendaknya mengingatkan tentang materi perhitungan, yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, (b) mewujudkan suasana pembelajaran yang sesuai dengan materi dan menyenangkan, (c) sebagai guru sebaiknya menggunakan strategi dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi untuk mempermudah siswa menguasai materi tersebut, (d) mengadakan jam pelajaran khusus untuk siswa yang mengalami kesulitan belajar, (e) mengadakan komunikasi yang baik dengan orang tua siswa, untuk mengontrol belajar siswa ketika berada di lingkungan keluarga (rumah).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Siti Fatonah, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Faktor, Kesulitan Belajar Siswa, Menyelesaikan Soal, Pecahan Senilai, Solusi
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 31 Oct 2022 10:30
Last Modified: 31 Oct 2022 10:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54592

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum