PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL (KF) OLEH PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKA T (PKBM) SUKA CATURTUNGGAL DI DUSUN NOLOGATEN I CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Siti Aminah, NIM. 02231244 (2006) PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL (KF) OLEH PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKA T (PKBM) SUKA CATURTUNGGAL DI DUSUN NOLOGATEN I CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL (KF) OLEH PUSAT KEG IATAN BELAJAR MASY ARAKA T (PKBM) SUKA CATURTUNGGAL DI DUSUN NOLOGATEN I CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
02231244_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL (KF) OLEH PUSAT KEG IATAN BELAJAR MASY ARAKA T (PKBM) SUKA CATURTUNGGAL DI DUSUN NOLOGATEN I CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
02231244_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pelaksanaan KF di Nologaten l ini dikoordinir oleh scorang tutor. Identifikasi dan penjangkauan yang dilakukan tutor pada tahap awal bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang need \VB serta mengajak WB untuk berpartisipasi dalam penentuanjadwal, metocle belajar, kebutuhan terhadap rnateri dan lain-lain. Pada tahap berikutnya tutor didampingi oleh mahasiswa jurusan BPI dan PMI Fakultas Dakwah UlN Sunan Kalijaga untuk: mendampingi belajar WB mulai dari berdiskusi, belajar calistung huruf latin dan arab, praktek keterampilan (membuat siomay dan peningset), serta birnbingan agama fslam dan konseling individu. Materi-materi ini disusun mengacu pada pedoman kurikulum program_ KF dan disusun berdasarkan kebutuhan, kemampuan WB serta peluang pasarnya. Kemudian dengan adanya evaluasi pembelajaran dengan tiga tahap dapat memantau perkembangan KF, kelemahan-kelemahan dalam pelaksanaan, ataupun rnasukan-masukan yang mernbangun dari setiap pengurus bisa dijadikan pegangan untuk pelaksanaan program KF. sccara kuantitas hasil pclaksanaan program KF di !'KPM Suku ( 'aturfung,',!,ul pada kclompok Nologatcn I tclah dapat dikatakan mencapai hasil yang cukup baik, karena dalam kurun waktu yang singkat, kemampuan SDM yang tcrbatas, WB yang rnerupakan orang dcv,·asa yang tentunya butuh kcsabaran dan keu1etan, scna tcmpat bclajar yang scdcrhana ternyata telah kclihatan berbagai kcmajuan. Hal ini terbukti, pada awal atau sebelum clan sesudah mengikuti pemhelaiaran pada program KF, \VB berncla dalam kondisi mcmbutuhkan materi-materi yang sesuai dengan rninatnya dan setelah petnbelajaran program KF sc1csai, WB dinilai tclah marnpu mendapatkan apa yang mcnjadi kebutuhannya. Disini kcbutuhan tiap WB berbeda-beda sehingga output/hasil yang dialami \VB yang satu berbeda dengan WB yang !ainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Suisyanto, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Keaksaraan Fungsional (KF),Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) SUKA, Caturtunggal Depok Sleman
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 28 Oct 2022 11:25
Last Modified: 28 Oct 2022 11:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54599

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum