INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI PADA PESERTA DIDIK MELALUI MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK (STUDI KASUS MTS PLUS DARUL ‘ULUM JOMBANG)

Aulia Faiqotul Himma, NIM.: 19204012008 (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI PADA PESERTA DIDIK MELALUI MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK (STUDI KASUS MTS PLUS DARUL ‘ULUM JOMBANG). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI PADA PESERTA DIDIK MELALUI MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK (STUDI KASUS MTS PLUS DARUL ‘ULUM JOMBANG))
19204012008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI PADA PESERTA DIDIK MELALUI MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK (STUDI KASUS MTS PLUS DARUL ‘ULUM JOMBANG))
19204012008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Moral bangsa Indonesia kini dalam ambang kehancuran. Pesatnya ilmu pengetahuan dan tenologi membawa manusia berperilaku serba instan dan praktis. Akibatnya keinginan serba cepat ini menyebabkan dilanggarnya aturan yang ada. Tidakan korupsi misalnya, yang telah dilakukan secara masif. Hal ini yang menjadikan pemerintah membentuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Upaya pencegahan dan melawan korupsi akan mengalami kemajuan yang signifikan apabila generasinya mengetahui nilai-nilai antikorupsi. Maka dari itu diselipkanlah nilai-nilai antikorupsi pada mata pelajaran akidah akhlak bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kepala madrasah, guru akidah akhlak, wakil kepala madrasah dan pengelola kantin kejujuran. Sedangkan teknik pengumpulan data, yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di MTs Plus Darul ‘Ulum, karena sekolah ini secara inisiatif menerapkan pendidikan antikorupsi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apa saja nilai-nilai pendidikan antikorupsi di MTs Plus Darul ‘Ulum Jombang? Bagaimana implementasi Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Antikorupsi pada peserta didik melalui mata pelajaran akidah akhlak? Apa saja faktor penunjang dan penghambatnya? Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai pendidikan antikorupsi ditanamkan pada peserta didik setelah memperoleh pembelajaran akidah akhlak dengan meliputi 5 aspek yakni kejujuran, disiplin, tanggung jawab, sederhana, dan adil. (2) Kegiatan keagamaan yang ditanamkan meliputi perayaan hari besar islam, hafalan al-quran juz 30, pesantren ramadhan, pembiasaan istighotsah, tahlil, surat pilihan, aqidatul awam setiap pagi. (3) Program kurikulum berbasis Character Building. (4) Proses internalisasi nilai antikorupsi pada pembelajaran akidah akhlak di MTs Plus Darul ‘Ulum Jombang dilakukan dengan tiga tahapan yaitu, tahap moral knowing, moral feeling, moral action. (4) Faktor pendukung diterapkannya di madrasah diantaranya dukungan dari berbagai pihak, baik komite, guru dan karyawan, wali santri, dan warga sekolah. Kegiatan keagamaan, tata tertib, situasi lingkungan madrasah, keteladanan dan pembiasaan. Sedangkan faktor penghambat yaitu, belum semua guru mengimplementasikan nilai antikorupsi secara sistematis. Masih banyak peserta didik yang terlambat masuk. Evaluasi internalisasi nilai antikorupsi yang belum maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Muh. Wasith Achadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Antikorupsi, Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 31 Oct 2022 10:31
Last Modified: 31 Oct 2022 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54600

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum