PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X DI MA PLUS MANBA’UL ADHIM JAWA TIMUR

Erni Wahyuningsih, NIM.: 19204020026 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X DI MA PLUS MANBA’UL ADHIM JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X DI MA PLUS MANBA’UL ADHIM JAWA TIMUR)
19204020026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X DI MA PLUS MANBA’UL ADHIM JAWA TIMUR)
19204020026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengembangkan produk berupa media pembelajaran yakni e-learning berbasis Moodle dalam mata pelajaran bahasa Arab yang efektif dan efisien pada situasi pandemi untuk Peserta Didik Kelas X di MA Plus Manba’ul Adhim Jawa Timur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan subjek uji coba kelas terbatas dan subjek uji coba kelas besar. Adapun Teknik analisis datanya menggunakan uji paired sample t-test dengan bantuan SPSS 28. Hasil penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran yaitu e-learning berbasis Moodle yang telah dinyatakan layak digunakan oleh ahli media dan ahli materi. Kelayakan tersebut dapat dilihat dari hasil angket validasi yang memberikan skor penilaian yaitu ahli media berjumlah 73 dengan rata-rata 4,06 dan berkategori baik/layak, ahli materi 1 berjumlah 63 dengan rata-rata 4,2 dan berkategori sangat baik/sangat layak dan ahli materi 2 berjumlah 61 dengan rata-rata 4,07. Kemudian prestasi belajar peserta didik mengalami kenaikan dari hasil pretest dan post test dengan nilai rata-rata kelompok terbatas adalah pretest 47,5 menjadi post test 85 sedangkan rata-rata kelompok besar adalah pretest 45,75 menjadi post test 81.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, E-learning berbasis Moodle, Pembelajaran bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 02 Nov 2022 09:04
Last Modified: 02 Nov 2022 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54601

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum