STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) PADA MASA PENDEMI COVID-19 DI SD NEGERI PURWOSARI TEGALREJO MAGELANG

M. Nugroho Adi Saputro, NIM.:19204090010 (2022) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) PADA MASA PENDEMI COVID-19 DI SD NEGERI PURWOSARI TEGALREJO MAGELANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) PADA MASA PENDEMI COVID-19 DI SD NEGERI PURWOSARI TEGALREJO MAGELANG)
19204090010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) PADA MASA PENDEMI COVID-19 DI SD NEGERI PURWOSARI TEGALREJO MAGELANG)
19204090010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penerimaan peserta didik baru (PPDB) merupakan salah satu proses input dalam menentukan mutu pendidikan tingkat taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi. Fokus penelitian pada tingkat satuan pendidikan dasar. PPDB bersifat dinamis atau fluktuatif, hal ini mendorong kepala sekolah melakukan strategi. Apalagi masa pandemi covid 19, perlu strategi yang tepat sesuai situasi dan kondisi. Tujuan penelitian mengkaji strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu penerimaan peserta didik baru di masa pandemi covid 19. Jenis penelitian kualitatif diskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian terdiri dari: kepala sekolah, dan 3 orang guru. Teknik analisis data model Milles dan Hubberman dimulai pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian berikut : Pertama, Strategi yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam rekrutmen siswa baru ialah teknik sistem jemput bola. Teknik sistem bola dilakukan sebagai bentuk tindakan proaktif dalam persaingan dunia pendidikan.. Kedua, realisasi strategi yang digunakan kepala sekolah. ada dua peningkatan yang didapat 1) terbentuknya kredibilitas sekolah sebagai lemabaga penyedia jasa pendidikan yang bermutu. 2) meningkatnya kepercayaan masyarakat kepada SD Negeri Purwosari. Yang ditunjukan dengan meningkatnya jumlah peserta didik dalam penyelenggaraan PPDB tahun ajaran 2020/2021 yakni sebanyak 23 siswa. Ketiga, diketahui faktor pendukung dalam penyelenggaraan PPDB meliputi lokasi sekolah yang straegis, SDM (guru dan karyawan) yang terampil, teknik pemasaran, ragam program pembelajaran sebagai opsi minat anak, sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat penyelenggaraan PPDB meliputi minimnya pemahaman orang tua/wali dibidang teknologi, pandemi covid-19, persaingan antar sekolah, zonasi, biaya oprasional, jaringan internet, proses sosialisasi, pemasaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Hj. Erni Munastiwi, MM.
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepala Sekolah, PPDB, Covid-19
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 02 Nov 2022 09:05
Last Modified: 02 Nov 2022 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54603

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum