Asrin Nasution, NIM.: 20204081021 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI RANGKAIAN LISTRIK SEDERHANA SISWA KELAS VI DI MI MODEL PANYABUNGAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI RANGKAIAN LISTRIK SEDERHANA SISWA KELAS VI DI MI MODEL PANYABUNGAN)
20204081021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI RANGKAIAN LISTRIK SEDERHANA SISWA KELAS VI DI MI MODEL PANYABUNGAN)
20204081021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian penelitian quasi-experimental dengan desain penelitian non equevalent control group. Instrumen pengumpulan data yang digunakan tes, dan angket . Instrumen angket untuk mengukur kreativitas siswa dan instrumen tes berupa pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji MANOVA terdapat perbedaan secara simultan model pembelajaran Project based learning terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa, dengan menunujukkan nilai Sig. 0,00 ˂ 0.05 pada kreativitas dan 0, 00 ˂ 0.05 pada hasil belajar. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa nilai rata-rata sebelum diterapkan model Langsung pada kelas kontrol sebesar 58,83 dan nilai rata-rata sesudah diterapkan model Langsung sebesar 73,33. Sedangkan nilai rata-rata sebelum diterapkan model Project based learning pada kelas eksperimen sebesar 65,83 dan nilai rata-rata sesudah di terapkan model Project based learning sebesar 85,83. Dengan hasil kreativitas siswa pada kelas kontrol sebesar 29,43 dan nilai rata-rata sesudah diterapkan langsung 57,33. Sedangkan nilai rata-rata sebelum diterapkan model Project based learning pada kelas eksperimen sebesar 39,87 dan nilai rata-rata sesudah di terapkan model Project based learning sebesar 73,60.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing : Dr. Istiningsih, M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | Project based learning, Kreativitas dan Hasil Belajar |
| Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) |
| Depositing User: | S.Sos Sofwan Sofwan |
| Date Deposited: | 02 Nov 2022 09:06 |
| Last Modified: | 02 Nov 2022 09:06 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54616 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
