PERANAN PONDOK PESANTREN NURUSSALAM TERHADAP PENYIARAN AGAMA ISLAM DI MASYARAKAT DESA SIDOGEDE KECAMATAN BELITANG KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SUMATERA SELATAN

Ali Taufiq, NIM.: 95211894 (2003) PERANAN PONDOK PESANTREN NURUSSALAM TERHADAP PENYIARAN AGAMA ISLAM DI MASYARAKAT DESA SIDOGEDE KECAMATAN BELITANG KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN PONDOK PESANTREN NURUSSALAM TERHADAP PENYIARAN AGAMA ISLAM DI MASYARAKAT DESA SIDOGEDE KECAMATAN BELITANG KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SUMATERA SELATAN)
95211894_BAB I _BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERANAN PONDOK PESANTREN NURUSSALAM TERHADAP PENYIARAN AGAMA ISLAM DI MASYARAKAT DESA SIDOGEDE KECAMATAN BELITANG KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SUMATERA SELATAN)
95211894_BAB II SAMPAI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Lembaga pendidikan seperti pesantren memang bukan hal yang baru bagi bangsa Indonesia, sistem pondok pesantren memang telah lama ada. Karena perubahan dan perkembangan masyarakat, maka pesantren masih mempertahankan eksistensinya, namun ada juga yang karena situasi dan kondisi terpengaruh oleh keadaan. Semua itu tergantung sang kyai sebagai pimpinan pondok dalam menerima perubahan. Salah satu pondok pesantren menjaga eksistensi pesantren dan eksistensi masyarakat secara keseluruhan adalah Pondok Pesantren Nurussalam. Subyek penelitian adalah terdiri dari kyai dan para ustadz/ustadzah yang ada dalam lingkungan Pondok Pesantren Nurussalam, para anak didik atau santri yang tengah menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Nurussalam dan tokoh kemasyarakatan di Desa Sidogede Kecamatan Belitang Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan. Hasil penelitian ini adalah: 1. Peranan Pondok Pesantrw Nurrusalam meblui kcrjasama dengan masyaraka desa 2. Peranan Pondok Pesantren Nurrusalam dengan mengembangakan kesadaran lingkungan 3. Pondok pesantren Nurussalam ya:1g berlokasi di desa Sidogede kecamatan Belitans kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatra Selatan telah berperan secara nyata dalam kegiatan-kegiatan dakwah yang ditujukan kepada masyarakat dalam upaya dan usahanya untuk mcngembangkan syiar agama Islam meliputi kegiatan-kegiatan: Pendidikan, Pengajian Rutin dan Peringatan Hari Besar Islam, Badan Zakat dan Pengiriman santri-santri ke desa desa sekitar pondok pesantren Nurussalam. 4. Peranan pesantren Nurussalan melalui kegiatan­kegiatannya terhadap penyiaran agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Husen Madhal
Uncontrolled Keywords: kyai; ustadz; santri; pendidikan pesantren
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 31 Oct 2022 09:27
Last Modified: 31 Oct 2022 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54617

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum