PERAN PENDAMPING DALAM INDUSTRI KERAJINAN GERABAH DAN PENINGKATAN PENDAPATAN EKONOMI RUMAH TANGGA DI DESA PANJANGREJO KEC. PUNDONG KAB.BANTUL

Sulasmiyati, NIM. 99232882 (2004) PERAN PENDAMPING DALAM INDUSTRI KERAJINAN GERABAH DAN PENINGKATAN PENDAPATAN EKONOMI RUMAH TANGGA DI DESA PANJANGREJO KEC. PUNDONG KAB.BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PENDAMPING DALAM INDUSTRI KERAJINAN GERABAH DAN PENINGKATAN PENDAPATAN EKONOMI RUMAH TANGGA DI DESA PANJANGREJO KEC. PUNDONG KAB.BANTUL)
99232882_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN PENDAMPING DALAM INDUSTRI KERAJINAN GERABAH DAN PENINGKATAN PENDAPATAN EKONOMI RUMAH TANGGA DI DESA PANJANGREJO KEC. PUNDONG KAB.BANTUL)
99232882_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dengan adanya peran pendamping di Industri Gerabah ini benar-benar sangat membantu para pengusaha gerabah, peran pendamping disini bertugas memberikan penyuluhan kepada para pengusaha serta memberikan motivasi kepada semua pengusaha gerabah supaya mereka tetap menekuni pembuatan gerabah.Adanya kehadiran pendamping di dalam industri gerabah sangat membantu para pengusaha gerabah, misalnya saja dalam hal modal. Dulu para pengusaha kebingungan dalam mencari penambahan modal, kemudian para pendamping mencoba memberi masukan agar para pengusaha mengadakan I ' suatu "arisan" antar pengu*1ha dan hasilnya pun sukses. Kemudian dalam hal tenaga kerja, rata-rata para ipengrajin gerabah belum mempunyai ketrampilan yang memadai, maka dibantulah para pengrajin oleh pendamping dengan mengadakan kursus ketrampilan gerabah. Dan juga mengenai masalah manajemen, agar para pengusaha gerabah dapat mengetahui untung atau rugi. maka para pengusaha perlu diberikan pengetahuan oleh para pendamping mengenai pembukuan. Dampak pendampingan ternyata benar-benar dapat dirasakan oleh para penbrusaha gerabah. Tanpa adanya peran pendamping dalam Industri Gerabah di Desa Panjangrejo tidak akan dikenal oleh masyarakat luar, dan tanpa adanya peran pendamping mungkin industri gerabah ini sudah berhenti atau gulung tikar. Dengan adanya motivasi dan penyuluhan oleh para pendamping maka Industri Gerabah di Desa Panjangrejo ini masih tetap eksis sampai saat ini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Mokh Nazili, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Industri Kerajinan Gerabah, Panjangrejo Kec Pundong Kab Bantul
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Oct 2022 10:05
Last Modified: 31 Oct 2022 10:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54624

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum