PENGARUH PENERAPAN MODEL POLYA DALAM BENTUK SOAL CERITA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MIN 2 TANJUNG BALAI

Aliva Humairah BR.Ginting, NIM.: 20204081012 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL POLYA DALAM BENTUK SOAL CERITA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MIN 2 TANJUNG BALAI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL POLYA DALAM BENTUK SOAL CERITA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MIN 2 TANJUNG BALAI)
20204081012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL POLYA DALAM BENTUK SOAL CERITA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MIN 2 TANJUNG BALAI)
20204081012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pokok masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah serta hasil belajar matematika pada siswa kelas V di MIN 2 Tanjung Balai. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui penerapan model polya dalam bentuk soal cerita. Mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menggunakan model polya. Mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model polya. Mengetahui pengaruh penerapan model polya dalam bentuk soal cerita terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantatif, dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Dengan kelompok kelas V MIN 2 Tanjung Balai ke-1(kelas Kontrol) yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelompok kelas V MIN 2 Tanjung Balai ke-2(kelas Eksperimen) yang diajar menggunakan model polya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 2 Tanjung Balai yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampel. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, dan soal pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa: Pertama, hasil rekapitulasi respon siswa dari tujuh pernyataan mengenai penerapan model polya terdapat dua pertanyaan yang dominan kategori sangat setuju yaitu pernyataan, model pembelajaran polya dapat memotivasi siswa untuk bisa bekerjasama dengan baik dalam kelompok dan melatih siswa untuk bisa mengemukakan pendapat. Serta dua pernyataan dominan setuju yaitu, pernyataan pembelajaran matematika dengan model polya membuat siswa lebih aktif dalam belajar dan memahami materi pelajaran untuk mudah diingat. Kedua, Kemampuan pemecahan masalah menggunakan model polya menunjukkan bahwa pada indikator memahami masalah mencapai 92,56 dengan kategori sangat baik dan capaian terendah pada aspek indikator menafsirkan hasil yang diperoleh nilai 68,51 dengan kategori cukup. Ketiga, Hasil belajar siswa menggunakan model polya yakni, nilai rata-rata pretest viii adalah 50,46 sedangkan nilai rata-rata posttest adalah 72,14 dengan mencapai peningkatan dengan nilai 21,68. Terdapat pengaruh penerapan model polya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan hasil belajar siswa kelas V MIN 2 Tanjung Balai, hal ini ditunjukkan bahwa nilai signifikasi lebih kecil dari pada taraf signifikasi 0,05 (sign< α) atau 0,00 < 0,05. Maka demikian dapat disimpulkan bahwa H1 diterima, terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara siswa yang belajar menggunakan Model Polya cerita dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Drs. Ichsan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Polya, Soal Cerita, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 02 Nov 2022 09:07
Last Modified: 02 Nov 2022 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54625

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum