GAMES EDUCATION BERBASIS PERMAINAN ANGKLEK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA : STUDI EKSPERIMEN KELAS IV MIN 1 SUMENEP

Zahratun Naemah, NIM.: 20204081004 (2022) GAMES EDUCATION BERBASIS PERMAINAN ANGKLEK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA : STUDI EKSPERIMEN KELAS IV MIN 1 SUMENEP. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GAMES EDUCATION BERBASIS PERMAINAN ANGKLEK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA : STUDI EKSPERIMEN KELAS IV MIN 1 SUMENEP)
20204081004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (GAMES EDUCATION BERBASIS PERMAINAN ANGKLEK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA : STUDI EKSPERIMEN KELAS IV MIN 1 SUMENEP)
20204081004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan permainan angklek pada pembelajaran matematika materi keliling bangun datar di kelas IV MIN 1 Sumenep, (2) Menganalisis perbedaan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi keliling bangun datar antara diterapkannya permainan angklek dengan pembelajaran yang konvensional di kelas IV MIN 1 Sumenep, dan (3) Menganalisis perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi keliling bangun datar antara diterapkannya permainan angklek dengan pembelajaran yang konvensional di kelas IV MIN 1 Sumenep. Jenis penelitian yang telah digunakan yaitu penelitian Quasi Experiment dengan desain The non ekuivalen pretest-postest design. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari 2 kelas, kelas IV A digunakan sebagai kelas eksperimen (menerapkan permainan angklek) dengan jumlah siswa 31 orang dan kelas IV B sebagai kelas kontrol (menerapkan model konvensional) dengan jumlah siswa 32 orang. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, soal, observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan. Pertama, penerapan permainan angklek dalam pembelajaran matematik materi keliling bangun datar di kelas IV dilakukan dengan membagikan siswa menjadi 5 kelompok. Masing-masing kelompok menjawab pertanyaan yang terdapat dalam permainan angklek dengan tepat sehingga masing-masing kelompok mendapatkan stiker bintang walaupun dalam jumlah yang berbeda sesuai dengan jumlah jawaban yang tepat. Kelompok 1 mendapatkan 2 stiker bintang, kelompok 2 mendapatkan 3 stiker bintang, kelompok 4 mendapatkan 1 stiker bintang, kelompok 4 mendapatkan 1 stiker bintang dan kelompok 5 mendapatkan 2 stiker bintang. Kedua, Terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi keliling bangun datar antara diterapkannya permainan angklek dengan pembelajaran yang konvensional di kelas IV dibuktikan dengan uji t-test dengan menggunakan bantuan SPSS (Statistical Package Social Sciences) diperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan rata-ratanya sebesar 48,77 untuk kelas eksperimen dan 36,88 untuk kelas kontrol. Ketiga, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi keliling bangun datar antara diterapkannya permainan angklek dengan pembelajaran yang konvensional di kelas IV MIN 1 Sumenep dibuktikan dengan uji t-test dengan menggunakan bantuan SPSS (Statistical Package Social Sciences) diperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan rata-ratanya sebesar 78,90 sementara untuk kelas kontrol sebesar 66,62.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Games Education, Permainan Angklek, Motivasi, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 02 Nov 2022 09:08
Last Modified: 02 Nov 2022 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54630

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum