ANALISIS ISI PESAN DAKWAH SURAT KABAR KOLOM KHUSUS "NUANSA RAMADHAN" SUARA MERDEKA DAN "MUTIARA RAMADHAN" WAWASAN TAHUN 2002

Nuril Huda Su'aiby, NIM.: 95211928 (2003) ANALISIS ISI PESAN DAKWAH SURAT KABAR KOLOM KHUSUS "NUANSA RAMADHAN" SUARA MERDEKA DAN "MUTIARA RAMADHAN" WAWASAN TAHUN 2002. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS ISI PESAN DAKWAH SURAT KABAR KOLOM KHUSUS "NUANSA RAMADHAN" SUARA MERDEKA DAN "MUTIARA RAMADHAN" WAWASAN TAHUN 2002)
95211928_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS ISI PESAN DAKWAH SURAT KABAR KOLOM KHUSUS "NUANSA RAMADHAN" SUARA MERDEKA DAN "MUTIARA RAMADHAN" WAWASAN TAHUN 2002)
95211928_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Media massa seperti surat kabar mempunyai peranan penting untuk mengacu dan memancarkan kembali nilai-nilai dan doktrin-doktrin agama yang telah menjadi dasar perikehidupan umat Islam. lsi pesan surat kabar ini terlihat dalam konfigurasi surat kabar mengandung nilai-nilai yang akan membangun persepsi dan tingkah laku pembaca. Pesan-pesan yang dimuat dalam sebuah surat kabar merupakan inti dari maksud diterbitkannya sebuah surat kabar, karena pesan-pesan itu mengandung nilai-nilai yang disebarluaskan melalui rubrik-rubriknya. Subyek penelitian dalam skripsi ini adalah Harian Umum Suara Merdeka dan Wawasan terbitan bulan Ramadhan 2002. Obyek penelitian dalam konteks penelitian ini artikel-artikel yang terdapat di dalam kolom surat kabar Suara Merdeka dan Wawasan terbit pada bulan Ramadhan 2002, yang meliputi Nuansa Ramadhan (Suara Merdeka) dan Mutiara Ramadhan (Wawasan). Hasil Penelitian ini adalah: 1. Suara Merdeka Pesan dakwah yang dipaparkan dalam kolom "Nuansa Ramadan" banyak memuat realisasi keadaan suatu daerah sehingga perlu pemahaman untuk bisa menangkap pesan-pesan yang ditulis oleh koran tersebut. Kolom "Nuansa Ramadhan" surat kabar harian Suara Merdeka memaparkan berbagai' aktivitas dan tradisi atau kebiasaan yang ada dalam instansi-instansi dan yayasan-yayasan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Kolorn “Nuansa Ramadhan'' surat kabar harian Suara Merdeka banyak mengajak untuk menciptakan ketenangan dalam rnenghadapi bulan puasa. sehingga cliharapkan clapat mendukung pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan. 2. Wawasan Pesan dakwah yang terdapat dalam semua artikel pada harian sore wawasan mengajak umat untuk menjadi insan kamil. Pesan tersebut pada intinya memberikan anjuran untuk selalu merealisasikan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari untuk berperilaku yang mencerminkan kesempurnaan akhlak. Dalam hal yang berkaitan dengan permasalahan bangsa, artikel wawasan mengajak para pemimpin bangsa untuk melaksanakan kepemimpinannya dengan adil. Pada bulan suci Ramadan yang penuh dengan rahmat serta ampunan ini. pesan dakwah yang disampaikan kepada mereka adalah untuk meningkatkan ketaqwaan sehingga rnereka tidak mudah tergelincir dari aturan agama dan norma-norma. Puasa juga menambah kecerdasan spiritual yaitu yang bertumpu pada bagian clalam cliri kita yang berhubungan dengan ego atau jiwa sadar. lnilah kecerdasan spiritual yang dipergunakan bukan hanya untuk mengetahui nilai­nilai yang ada melainkan juga untuk secara kreatif menemukan nilai-nilai baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Hamdan Daulay, M. Si
Uncontrolled Keywords: puasa; generasi muda; Ramadhan; surat kabar
Subjects: Komunikasi Islam
Dakwah > Media Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 31 Oct 2022 11:24
Last Modified: 31 Oct 2022 11:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54633

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum