ADAPTASI MODEL PEMBELAJARAN TANGGAP DARURAT PASCA PANDEMI COVID-19 PADA ANAK TK IT IBU HARAPAN BENGKALIS

Nurazila Sari, NIM.: 20204031007 (2022) ADAPTASI MODEL PEMBELAJARAN TANGGAP DARURAT PASCA PANDEMI COVID-19 PADA ANAK TK IT IBU HARAPAN BENGKALIS. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ADAPTASI MODEL PEMBELAJARAN TANGGAP DARURAT PASCA PANDEMI COVID-19 PADA ANAK TK IT IBU HARAPAN BENGKALIS)
20204031007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ADAPTASI MODEL PEMBELAJARAN TANGGAP DARURAT PASCA PANDEMI COVID-19 PADA ANAK TK IT IBU HARAPAN BENGKALIS)
20204031007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas latar belakang masalah berkaitan dengan dunia pendidikan yang harus tetap berjalan walaupun dengan berbagai kondisi yang terjadi. Setelah berbagai problematika yang dirasakan di masa pandemi covid-19, awal tahun 2022 akhirnya covid-19 mulai mereda. Akhirnya pendidikan diperbolehkan kembali untuk dilakukan di sekolah. Lembaga pendidikan hendaknya tanggap darurat terhadap situasi baru, kondisi baru ini disebut dengan masa new normal atau pasca pandemi covid-19. Adanya adaptasi model pembelajaran tanggap darurat bertujuan tidak terjadinya loss learning dan aspek perkembangan pada anak usia dini tercapai dengan baik. Pasca pandemi covid-19 muncul beberapa model pembelajaran yaitu perpeaduan antara PTM dan PJJ (hybrid learning) serta PTM secara penuh. Namun, pembelajaran daring yang berlangsung kurang lebih 2 tahun lamanya, timbul rasa kenyamanan pada beberapa pihak. Berdasarkan pernyataan-pernyataan tersebut penulis melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, artinya dalam penelitian ini penulis menjabarkan tentang bagaimana implementasi model pembelajaran tanggap darurat pasca pandemi covid-19, mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambatnya dan bagaimana implikasi model pembelajaran yang diterapkan tersebut pada capaian perkembangan anak. Informasi yang penulis dapatkan berasal dari responden yang terdiri dari stekholder (kepala sekolah), guru sentra dan guru kelas kelompok B di TK IT Ibu Harapan Bengkalis. Penelitian telah dilakukan sejak September 2021 hingga Februari 2022. Hasil yang diperoleh dari penelitan yang telah dilakukan yaitu model pembelajaran yang diterapkan pasca pandemi covid-19 adalah model sentra dengan perubahan waktu, jumlah anak dan perbedaan berkaitan langkah-langkah pelaksanaan model sentra di TK IT Ibu Harapan Bengkalis sebelum dan pasca pandemi covid-19. Sebelum pandemi waktu pembelajaran selama 180 menit berbanding 120 menit (pasca pandemi covid-19). Jumlah anak sebelum pandemi 100% dan pasca pandemi 50%. Langkah-langkah model sentra sebelum pandemi ada 4 komponen, sedangkang pasca pandemi covid-19 1 komponen hilang dari langkah pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Suyadi, MA.
Uncontrolled Keywords: Adaptasi, Model Pembelajaran, Tanggap Darurat, Pasca Pandemi
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 02 Nov 2022 09:09
Last Modified: 02 Nov 2022 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54640

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum