PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA UNTUK KELAS INKLUSI DENGAN SISWA PENYANDANG DIFABELNETRA DI KELAS X PADA MATERI TRIGONOMETRI (PENELITIAN PENGEMBANGAN PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI DI KELAS X) PENELITIAN SKRIPSI

Wahyu Hidayat, NIM.: 08600112 (2012) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA UNTUK KELAS INKLUSI DENGAN SISWA PENYANDANG DIFABELNETRA DI KELAS X PADA MATERI TRIGONOMETRI (PENELITIAN PENGEMBANGAN PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI DI KELAS X) PENELITIAN SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA UNTUK KELAS INKLUSI DENGAN SISWA PENYANDANG DIFABELNETRA DI KELAS X PADA MATERI TRIGONOMETRI (PENELITIAN PENGEMBANGAN PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI DI KELAS X) PENELITIAN SKRIPSI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA UNTUK KELAS INKLUSI DENGAN SISWA PENYANDANG DIFABELNETRA DI KELAS X PADA MATERI TRIGONOMETRI (PENELITIAN PENGEMBANGAN PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI DI KELAS X) PENELITIAN SKRIPSI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, mengembangkan modul matematika untuk memfasilitasi belajar matematika siswa inklusi dengan siswa difabelnetra. Modul ini akan dibuat dalam bentuk tulisan latin dan braile. Pengembangan modul pertama kali dilakukan dengan metode penelitian reseach and development (R&D). Langkah pertama menganalisis kurikulum terlebih dahulu, kemudian mengumpulkan beberapa bahan materi sebagai rujukan. Setelah itu, dilakukan tahap pembuatan modul matematika inklusi. Kemudian, modul dikonsultasikan kepada dosen pembimbing untuk diberi masukan kemudian direvisi. Setelah direvisi, modul divalidasi kembali kepada ahli materi dan dilakukan revisi kembali. Setelah direvisi, modul divalidasi kembali kepada ahli media dan dilakukan revisi kembali. Hasil penilaian modul matematika untuk kelas inklusi modul tersebut mencapai nilai sangat baik. Kemudian, modul tersebut di ujikan dalam kelas kecil. Hasil uji coba lapangan modul jika dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan modul akan terlihat lebih meningkatkan. Beberapa penjelasan di atas menunjukan pengembangan modul dari mulai rancangan sampai uji coba lapangan menghasilkan hasil yang baik. Modul matematika untuk kelas inklusi ini dapat disimpulkan bahwa modul tersebut sudah memenuhi kriteria sebagai modul yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sumaryanta, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul Braile, Siswa Difabelnetra, Pendidikan Inklusi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Inklusif
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 31 Oct 2022 13:52
Last Modified: 31 Oct 2022 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54646

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum