SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PRIORITAS JADWAL PRODUKSI UNTUK KLASIFIKASI ORDER TOP URGENT (STUDI KASUS PADA PLAN PRECISION PART DI PT AFTECH RAND PERKASA)

Yosi Yulfikar Yasir, NIM.: 06660014 (2012) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PRIORITAS JADWAL PRODUKSI UNTUK KLASIFIKASI ORDER TOP URGENT (STUDI KASUS PADA PLAN PRECISION PART DI PT AFTECH RAND PERKASA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PRIORITAS JADWAL PRODUKSI UNTUK KLASIFIKASI ORDER TOP URGENT (STUDI KASUS PADA PLAN PRECISION PART DI PT AFTECH RAND PERKASA))
BHUYDC~T.PDF - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PRIORITAS JADWAL PRODUKSI UNTUK KLASIFIKASI ORDER TOP URGENT (STUDI KASUS PADA PLAN PRECISION PART DI PT AFTECH RAND PERKASA))
BYCRIP~2.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

PT. Aftech Rand Perkasa adalah perusahaan yang bersifat make to order yang memproduksi Mould dan Dies untuk alat-alat pemesinan. Karena banyaknya pesanan serta proses produksinya bersifat berbaur dan multiproduk, untuk system pesanan dari customer diklasifikasikan menjadi pesanan biasa, urgent dan top urgent. Dalam memprioritaskan urutan jadwal untuk klasifikasi top urgent sering terjadi kendala yaitu pesanan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu karena harus melakukan koordinasi dengan departemen lain dengan pertimbangan kriteria-kriteria yang ada pada customer. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan alat yang dapat memberikan masukan tentang memprioritaskan urutan jadwal produksi sehingga didapatkan urutan prioritas pesanan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu dengan mempertimbangkan kriteria yang ada. Alat untuk memprioritaskan tersebut adalah Sistem Pendukung Keputusan (SPK). SPK akan mengeluarkan urutan prioritas pesanan dari customer pada klasifikasi pesanan top urgent. SPK yang dikembangkan mengadopsi metode SAW (Simple aditting Weighting Method) dengan melakukan penjumlahan terbobot serta memiliki kemampuan untuk menyimpan data pesanan terdahulu dan bisa memprioritaskan urutan pesanan yang baru masuk untuk periode yang sama. Sistem Pendukung Keputusan yang dirancang mampu memberikan alternative keputusan tentang prioritas urutan jadwal produksi pada klasifikasi pesanan top urgent untuk pesanan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Taufiq Aji, M.T dan Cahyono Sigit Pramudyo, M.T
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Urgentsitas, Urutan Jadwal
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Nov 2022 09:19
Last Modified: 01 Nov 2022 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54659

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum