PENGEMBANGAN ALAT DISTILASI DARI BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMP/MTs

Yuli Andrianto, NIM.: 08670013 (2012) PENGEMBANGAN ALAT DISTILASI DARI BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ALAT DISTILASI DARI BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMP/MTs)
BSB3US~M.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ALAT DISTILASI DARI BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMP/MTs)
BYJEKB~8.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan prosedural. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat distilasi dari barang bekas sebagai media pembelajaran kimia di SMP/MTs. Media pembelajaran berupa alat distilasi dari barang bekas dapat menjelaskan prinsip pemisahan campuran zat cair yang mempunyai perbedaan titik didih yang jauh berbeda dengan sampel campuran antara air dan metanol yang mempunyai perbedaan titik didih sekitar 350C. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui validitas kelayakan dan respon dari alat distilasi dari barang bekas yang dikembangkan. Validitas kelayakan dan respon dilakukan kepada tiga guru kimia SMP/MTs dan respon siswa SMP/MTs dari tiga sekolah yaitu 28 siswa SMP N 1 Sleman, 21 siswa SMP Ali Maksum, dan 21 siswa MTs. Mu‟allimin Muhammadiyah sebagai pengguna. Pengembangan alat distilasi dari barang bekas ini dibimbing oleh dosen pembimbing serta mendapatkan masukan dari ahli media pembelajaran, ahli materi, dan peer reviewer. Instrumen penilaian alat distilasi dari barang bekas berupa angket yang berisi aspek dengan kriteria tertentu. Penilaian dilakukan oleh guru kimia dan respon dari siswa. Penilaian yang dilakukan meliputi 6 aspek penilaian dengan 25 unsur penilaian untuk guru kimia dan 6 aspek penilaian dengan 17 unsur respon untuk siswa. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas alat distilasi dari barang bekas. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa alat distilasi dari barang bekas yang telah dikembangkan mempunyai kualitas Sangat Baik (SB). Kualitas alat distilasi dari barang bekas yang telah disusun berdasarkan penilaian 3 guru kimia SMP/MTs memperoleh skor rata-rata 122,68 dari skor maksimal 125 dengan persentase keidealan 97,60%. Sedangkan skor dan persentase respon siswa SMP/MTs dari tiga sekolah yaitu 28 siswa SMP N 1 Sleman, 21 siswa SMP Ali Maksum, dan 21 siswa MTs. Mu‟allimin Muhammadiyah memperoleh skor 15,80 dan persentase keidealan 91,57%, sehingga layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sigit Prasetyo, S.Pd.I., M.Pd.Si. dan Irwan Nugraha, S.Si,. M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Alat Distilasi, Barang Bekas, Media Pembelajaran, Pembelajaran Kimia di SMP/MTs
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Nov 2022 09:22
Last Modified: 01 Nov 2022 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54660

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum