PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN 2 BANJARNEGARA

Zahra Istiqomah, NIM.: 08600013 (2012) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN 2 BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN 2 BANJARNEGARA)
BSB3US~M.PDF - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN 2 BANJARNEGARA)
BYJEKB~8.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan open-ended problem lebih baik secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) mengetahui apakah disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan open-ended problem lebih baik secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment (eksperimen semu) dengan menggunakan Non-Equivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan pendekatan open-ended problem dan pembelajaran secara konvensional. Sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Banjarnegara yang memiliki dua belas kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 67 siswa yang terbagi ke dalam dua kelompok. Pembagian kelompok tersebut tidak dilakukan secara acak, namun sesuai dengan pembagian yang sudah ada. 35 siswa kelas X6 sebagai kelompok kontrol dan 32 siswa kelas X7 sebagai kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis dan skala disposisi matematis. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan uji-t sampel independen dan uji Mann-Whitney U. Pengujian dilakukan secara manual dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung dari uji-t skor posttest kemampuan komunikasi matematis adalah 2,201 lebih dari ttabel = 1,671 (H0 ditolak). Jadi, kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan open-ended problem lebih baik secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Sedangkan nilai zhitung uji Mann-Whitney U skor posttest disposisi matematis adalah 1,651 lebih dari ztabel = 1,64 (H0 ditolak). Jadi, disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan open-ended problem lebih baik secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sumardyono, M.Pd. dan Dr. Ibrahim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Open-Ended Problem, Komunikasi Matematis, Disposisi Matematis
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Nov 2022 09:32
Last Modified: 01 Nov 2022 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54663

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum