ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI LINGKARAN BERDASARKAN TEORI NEWMAN

Dewi Masyithoh, NIM.: 18106000028 (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI LINGKARAN BERDASARKAN TEORI NEWMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI LINGKARAN BERDASARKAN TEORI NEWMAN)
18106000028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI LINGKARAN BERDASARKAN TEORI NEWMAN)
18106000028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Menurunnya hasil belajar siswa salah satunya disebabkan karena kesalahan-kesalahan yang dilakukan saat mengerjakan soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam mengerjakan soal cerita pada materi lingkaran. Kesalahan-kesalahan yang dialami oleh siswa dianalisis dengan menggunakan Teori Newman. Pada Teori Newman terdapat 5 (lima) jenis kesalahan yang mungkin dilakukan oleh siswa, kesalahan tersebut antara lain kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban. Analisis kesalahan dilakukan untuk meminimalisir kesalahan yang dilakukan siswa dan mengoptimalkan budaya belajar siswa dalam memahami materi dan menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan instrumen tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian diambil 6 siswa kelas VIII E dengan 3 kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Hasil tes tertulis dianalisis untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan, kemudian dilakukan wawancara untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek pada kategori tinggi mengalami kesalahan penulisan jawaban dengan persentase 46,15%. Sedangkan kesalahan yang paling sedikit kesalahan membaca dengan persentase 0%. Pada subjek kategori sedang kesalahan paling banyak yaitu kesalahan memahami, kesalahan transformasi, dan kesalahan penulisan jawaban dengan persentase yaitu 31,58%. Kesalahan paling sedikit dilakukan yaitu kesalahan membaca dengan persentase 0%. Pada subjek kategori rendah kesalahan paling banyak kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban, dengan besar persentase yaitu 25%. Sedangkan kesalahan yang paling sedikit yaitu kesalahan membaca dengan besar persentase 4,17%. Penyebab subjek mengalami kesalahan yaitu lupa menuliskan yang diketahui dan ditanyakan ataupun rumus yang digunakan, kesulitan dalam memahami soal, terburu-buru karena waktu mengerjakan telah selesai, dan malas. Selain itu siswa lupa dan tidak kepikiran untuk menuliskan kesimpulan, bingung, dan tenganggu oleh teman lain sehingga kosentrasi hilang. Solusinya antara lain, menggunakan metode pembelajaran inquiry, menganalisis kesalahan siswa dengan Teori Newman, dan memberikan bantuan berupa scaffolding level 2 dan 3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sumbaji Putranto, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kesalahan, Soal Cerita, Newman
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 02 Nov 2022 12:16
Last Modified: 02 Nov 2022 12:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54670

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum