PEMBINAAN AGAMA TERHADAP REMAJA DI BADAN KOMUNIKASI PEMUDA REMAJA MASJID INDONESIA (BKPRMI) KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL

Ani Lestari, NIM.: 96222078 (2003) PEMBINAAN AGAMA TERHADAP REMAJA DI BADAN KOMUNIKASI PEMUDA REMAJA MASJID INDONESIA (BKPRMI) KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN AGAMA TERHADAP REMAJA DI BADAN KOMUNIKASJ PEMUDA REMAJA MASJID INDONESIA (BKPRMI) KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL)
96222078_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN AGAMA TERHADAP REMAJA DI BADAN KOMUNIKASJ PEMUDA REMAJA MASJID INDONESIA (BKPRMI) KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL)
96222078_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kondisi remaja yang sangat problematis dipandang sebagai problem penting yang perlu mendapat perhatian lebih serius oleh para pakar psikologi, khususnya psikologi remaja. Hal ini dapat dimaklumi mengingat remaja merupakan generasi muda yang mengemban tugas dan tanggung jawab terhadap bangsa dan negara. Dari kondisi kejiwaannya yang cenderung mudah terpengaruh sebenamya remaja merupakan usia yang potensial untuk menerima informasi yang datang dari luar dirinya. Dengan demikian remaja akan menjadi baik dan sebaliknya mudah menjadi berbudi rendah tergantung situasi dan lingkungan yang mempengaruhinya. Melihat perkembangan remaja akhir-akhir ini, banyak sekali kejahatan dan perbuatan negatif lainnya yang dilakukan oleh para remaja, misalnya pencurian, pembunuhan, mabuk-mabukan, mengkonsumsi NAPZA. Dengan melihat berbagai kejadian tersebut amat penting pemberian pengarahan, bimbingan dan perhatian yang intensif baik pembinaan yang dilakukan oleh lingkungan keluarga, masyarakat sekitar baik melalui suatu organisasi, lembaga sosial maupun lembaga keagamaan. Laporan penelitian ini disajikan secara deskriptif kualitatif artinya rnenggambarkan keadaan sasaran penelitian secara apa adanya sejauh mana yang peneliti peroleh. Adapun caranya setelah data terkumpul kemudian disusun sesuai kerangka laporan penelitian dan diambil kesimpulan yang logis. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1. Pengajian Rutin Remaja Jum'at Pagi Pengajian ini dilaksanakan setiap hari Jurn'at pukul 06.00 - 07.00 di Masjid Dakwah Padokan, khusus untuk rernaja putra. Materi yang disampaikan rneliputi aqidah, ibadah, akhlak, kajian hadits, serta persoalan dakwah. Pengajian ini arnat penting karena dapat rnernbawa perubahan pada peserta pengajian. Dengan rnetode cerarnah dan tanya jawab rnateri dapat diserap oleh peserta. Se1ain itu media yang digunakan arnat rnendukung kebeihasilan pengajian rutin rernaja Jurn'at pagi. 2. Pengajian Khusus Muslimah Pengajian ini dilakuk:an setiap dua rninggu sekali pada setiap hari Ahad. Adanya pernbina tetap dan berpendidikan yang tinggi rnenunjang keberhasilan pengajian ini walaupun rnasih ada kekurangan di beberapa ternpat. Materi yang disampaikan adalah masalah keagamaan dan beberapa hal yang menyangkut kemuslimahan. Materi dikaji secara mendalam dilihat dari berbagai sisi baik secara agama, kesehatan maupun umum. Selain itu juga membahas masalah yang aktual yang terjadi di masyarakat. 3. Kajian Islam Sehari Kajian Islam sehari dilaksanakan satu bulan satu kali. Materi dalam kajian Islam membahas Islam secara terperinci dan mendalam. Serta membahas berbagai permasalahan umum yang sesuai dengan kondisi remaja. Pemateri diambil dari tokoh-tokoh yang ahli dibidangnya sesuai dengan tema permasalahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Abdul Rozak, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: remaja masjid; kajian Islam; pembinaan agama
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Remaja > Remaja Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 01 Nov 2022 15:03
Last Modified: 01 Nov 2022 15:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54698

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum