STRATEGI PEMASARAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SD ALKAUTSAR TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2020-2021 PADA MASA PANDEMI COVID-19

Anang Makruf, NIM.: 18104090060 (2022) STRATEGI PEMASARAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SD ALKAUTSAR TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2020-2021 PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SD ALKAUTSAR TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2020-2021 PADA MASA PANDEMI COVID-19)
18104090060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SD ALKAUTSAR TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2020-2021 PADA MASA PANDEMI COVID-19)
18104090060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Strategi pemasaran pada sekolah ditemukan adanya gap antara penelitian sebelumnya, dimana dipenelitian sebelumnya yang membahas terkait strategi pemasaran sekolah dilakukan disaat kondisi normal. Namun penelitian ini mengkaji bagaimana strategi pemasaran sekolah pada saat kondisi pandemi Covid-19. masa pandemi Covid-19 banyak ditemui kendala, sekolah tidak bisa melakukannya program door to door dalam kondisi pandemi yang memaksa setiap lembaga pendidikan untuk beradaptasi memasarkan lembaganya secara online, penelitian ini berupaya mengkaji terkait strategi pemasaran penerimaan peserta didik baru di SD Alkautsar Temanggung yang masih bisa bertahan ditengah persaingan sekolah-sekolah negeri terutama di masa pandemi Covid 19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran penerimaan peserta didik baru di, faktor penghambat dan pendorong, serta implikasi strategi pemasaran penerimaan peserta didik baru di SD Alkautsar Temanggung tahun ajaran 2020-2021 pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang mengambil lokasi penelitian di SD Alkautsar Temanggung. Penelitian ini berupaya memberikan gambaran akurat mengenai strategi pemasaran penerimaan peserta didik baru di SD Alkautsar Temanggung tahun ajaran 2020-2021 pada masa pandemi Covid-19. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapkan strategi pemasaran penerimaan peserta didik baru yang cukup efektif, mulai dari menetapkan strategi pasar sasaran, strategi pasar persaingan, hingga strategi bauran pemasaran (2) Faktor penghambatnya: tidak ada anggaran pemasaran, tim kerja, dan persaingan. (3) Faktor pendorong yaitu tenaga pendidik yang berkualitas, penempatan lokasi sekolah strategis dan kepercayaan masyarakat dan alumni masih tergolong tinggi. (4) Implikasinya ialah meningkatnya minat peserta didik baru, terciptanya loyalitas pelanggan, dan reputasi sekolah bagus. Alhasil dari tahun ketahun data menunjukan volume peningkatan jumlah peserta didik dari setiap tahun ajaran baru. Pada tahun 2018/2019 jumlah siswa pendaftar 56 kemudian mengalami kenaikan sejumlah 8 siswa pada tahun 2019/2020 dengan jumlah pendaftar 64 siswa, pada tahun 2020/2021 mengalami kenaikan sejumlah 10 siswa dengan total jumlah pendaftar 74 siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Qowim, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Penerimaan Peserta Didik
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 02 Nov 2022 13:40
Last Modified: 02 Nov 2022 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54701

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum