PENGARUH PELAKSANAAN IBADAH HAJI TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN PADA PARA HAJI DESA SAWANGAN, KUWARASAN, KEBUMEN TAHUN 2001-2004

Dwi Noviandi, NIM. 99222780 (2006) PENGARUH PELAKSANAAN IBADAH HAJI TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN PADA PARA HAJI DESA SAWANGAN, KUWARASAN, KEBUMEN TAHUN 2001-2004. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PELAKSANAAN IBADAH HAJI TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN PADA PARA HAJI DESA SAWANGAN, KUWARASAN, KEBUMEN TAHUN 2001-2004)
99222780_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PELAKSANAAN IBADAH HAJI TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN PADA PARA HAJI DESA SAWANGAN, KUWARASAN, KEBUMEN TAHUN 2001-2004)
99222780_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perilaku keagamaan sebelum melaksanakan ibadah haji adalah sedang apabila dibandingkan dengan perilaku keagamaan sesudah melaksanakan haji. Namun masih lebih baik dari pada ketika belum ada niat untuk berhaji. Sebelum berangkat persiapan-persiapanpun dilakukan untuk kelancaran ketika berada di Makkah. Perilaku keagamaan seperti shalat, puasa, dzikir dan membaca Al Qur'an meningkat menjelang pelaksanaan ibadah haji demi kelancaran ibadah haji. Perilaku keagamaan sesudah melaksanakan ibadah haji adalah lebih baik dari pada sebelum melaksanakan haji, hal ini disebabkan karena telah memahami dan menghayati makna dari rentetan ritual haji dalam kehidupan sehari-hari. Berihram itu tidak hanya selarna di Tanah Suci, sepulang haji juga dituntut untuk tetap berihram. Y akni sederhana dalam hidup, jangan mengumbar harta, dan harus menjadi tauladan dalam masyarakat baik dalam beribadah (shalat, puasa, dzikir dan membaca Al Qur'an) dan berakhlakul karimah. Selain itu jangan diam tetapi terus bergerak seperti thawaf. Thawaf itu bergerak terus. Maka agar hidup lebih bermakna dan bermanfaat, juga harus terus bergerak kepada yang lebih baik. Dan juga seorang haji/hajjah harus berikhtiar dan berusaha seperti disimbolkan dalam sa'i. Perilaku keagamaan sebelum melaksanakan ibadah haji berbeda dengan perilaku keagamaan sesudah melaksanakan ibadah haji. Sesudah melaksanakan ibadah haji, shalatnya makin meningkat dan khusyi' serta menambah dengan shalat sunat; puasa makin meningkat; dzikimya bertambah secara kuantitas dan kualitasnya; serta bertambah bacaan sering membaca Al Qur'an. Dengan mengunakan perhitungan T-Tes atau Uji T antara perilaku keagamaan sebelum melaksanakan ibadah haji dan perilaku keagamaan sesudah melaksanakan ibadah haji menghasilkan t htung sebesar 4,284 dengan derajat kebebasan 31 pada taraf kesalahan 5% atau kepercayaan 95%. Dengan nilai t hitung lebih besar dari t table ( 4,284>2,040), dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang si!,>nifikan antara perilaku keagamaan sebelum melaksanakan ibadah haji dan perilaku keagamaan sesudah melaksanakan ibadah haji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abror Sodik, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Ibadah Haji, Perilaku Keagamaan Pada Para Haji, Sawangan, Kuwarasan, Kebumen
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 Nov 2022 08:50
Last Modified: 02 Nov 2022 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54707

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum