“PRAKTIK RENTENIR DI DALAM KOMUNITAS MUSLIM DAN PERAN ULAMA UNTUK MENGATASINYA (STUDI KASUS DI DESA DENANYAR, KOTA JOMBANG)

Sayyidah Umroh Mahfudhoh, NIM.: 181030800220 (2022) “PRAKTIK RENTENIR DI DALAM KOMUNITAS MUSLIM DAN PERAN ULAMA UNTUK MENGATASINYA (STUDI KASUS DI DESA DENANYAR, KOTA JOMBANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (“PRAKTIK RENTENIR DI DALAM KOMUNITAS MUSLIM DAN PERAN ULAMA UNTUK MENGATASINYA (STUDI KASUS DI DESA DENANYAR, KOTA JOMBANG))
18103080020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (“PRAKTIK RENTENIR DI DALAM KOMUNITAS MUSLIM DAN PERAN ULAMA UNTUK MENGATASINYA (STUDI KASUS DI DESA DENANYAR, KOTA JOMBANG))
18103080020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kota Jombang, atau yang biasa disebut masyarakat sebagai kota santri. Disebut kota santri karena memang kota ini terdapat banyak pondok pesantren didalamnya, tepatnya di desa Denanyar. Masyarakat desa Denanyar hidup berdampingan dengan pondok pesantren, oleh karena itu adanya pondok pesantren ditengah-tengah masyarakat mempengaruhi pola kegiatan keagamaan yang ada di dalamnya seperti kajian-kajian yang diadakan pondok pesantren. Namun dalam faktanya masyarakat muslim desa Denanyar masih banyak yang melakukan praktik rentenir. Penelitian ini yang akan mencari tahu dan mengkaji beberapa pertanyaan yang muncul pada rumusan masalah yakni: Mengapa praktik rentenir dapat berlangsung di dalam komunitas muslim berbasis pesantren di desa Denanyar kota Jombang?, Bagaimana proses terjadinya praktik rentenir di desa Denanyar kota Jombang? Kedua rumusan masalah itu yang akan penjadi pokok kajian pada penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah Observasi terlibat (participant observation), wawancara mendalam (Indepth-interview) dan dokumentasi (dokumentation). landasan teori yang akan digunakan oleh peneliti yaitu konsep pinjam meminjam, yang akan menjelaskan mengenai syarat-syarat dan rukun pinjam meminjam dalam Islam. Selain itu ada pengaruh sosiologi terhadap hukum Islam, landasan teori ini yang akan menganalisis dan mengevaluasi pola pemahaman masyarakat terhadap ajaran agama Islam. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Adapun faktor-faktor yang melatarbelakangi masyarakat muslim desa Denanyar masih melakukan pinjam meminjam kepada rentenir yaitu: ada faktor sosial, faktor pendapatan masyarakat dan faktor kemudahan. Adapun peran ulama sebagai Agent of Change yang telah dilakukan untuk memberantas praktik rentenir di dalam komunitas muslim desa Denanyar, Kota Jombang yakni Catalyst (Penghubung), Solution Giver (Memberi Solusi), Procces Helper (Memberikan Pertolongan) dan Resources Linker (Sumber-sumber). Pola praktik rentenir yang berjalan di desa Denanyar yaitu persyaratan pinjaman, besaran bunga pinjaman dan jangka waktu pelunasan pinjaman. Jika dilihat menggunakan pendekatan sosiologi hukum Islam kasus ini mengandung mafsadah (Mudharat) dan termasuk dalam ‘urf al fasid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mohachamad Sodik, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: pendapatan masyarakat; rentenir; borrowing and loan; Islamic boarding school
Subjects: Ekonomi Masyarakat
Simpan Pinjam - Hukum Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 02 Nov 2022 08:55
Last Modified: 02 Nov 2022 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54708

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum