UKURAN TRADISIONAL BUMI DAERAH GRESIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR METEMATIKA MATERI KONVERSI SATUAN LUAS DI KELAS 4 MI SD

Hundar Nailul Murad, NIM.: 18104080057 (2022) UKURAN TRADISIONAL BUMI DAERAH GRESIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR METEMATIKA MATERI KONVERSI SATUAN LUAS DI KELAS 4 MI SD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UKURAN TRADISIONAL BUMI DAERAH GRESIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR METEMATIKA MATERI KONVERSI SATUAN LUAS DI KELAS 4 MI SD)
18104080057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UKURAN TRADISIONAL BUMI DAERAH GRESIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR METEMATIKA MATERI KONVERSI SATUAN LUAS DI KELAS 4 MI SD)
18104080057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Matematika merupakan pengetahuan yang memegang peranan penting bagi siswa karena dengan proses belajar matematika secara benar, daya nalar siswa akan terbentuk dengan baik. Matematika adalah ilmu yang tidak jauh dari realitas kehidupan manusia. Dengan demikian, matematika adalah produk kebudayaan, dikaitkan pada konteks pendidikan. Kebudayaan merupakan suatu fenomena universal. Budaya matematika pada suatu kelompok atau masyarakat daerah memainkan peranan penting dalam pendidikan matematika. Karena cara berpikir matematis suatu masyarakat daerah akan membantu menemukan cara hitung terbaik bagi masyarakat di daerah tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara dan mengkaji ukuran tradisional BUMI sebagai mata pelajaran matematika sekaligus kebudayaaan. Hasil Penelitian mnunjukkan penggunaan satuan luas BUMI oleh masyarakat Gresik dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam tradisi petani memiliki hubungan matematis yang disebut dengan etnomatematika. Istilah BUMI dapat digunakan sebagai: 1) Potensi matematis dalam perhitungan satuan standar tradisional; 2) Menentukan besarnya biaya pembajakan sawah; 3) Menghitung berapa banyak kilogram bibit dalam proses tanam. Hasil penelitian perhitungan matematis satuan tradisional BUMI ialah: 1) Luas 1 BUMI = 15 m2 dan 2) Biaya Bajak per 1 BUMI = Rp 2.000 serta 3) Jumlah Bibit per setiap luas 1 BUMI = 0,103 Kg. Perhitungan matemati ini dapat digunakan sebagai perencanaan pembelajaran matematika materi konversi satuan luas BUMI untuk kelas 4 MI/SD. Penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan guru untuk mengenalkan keragaman budaya masyarakat yang memeliki potensi matematika atau yang disebut etnomatematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Endang Sulistyowati, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Budaya, BUMI, Etnomatematika, Gresik, Matematika
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 03 Nov 2022 14:52
Last Modified: 03 Nov 2022 14:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/54720

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum